Hutan Pinus Imogiri Memberi 4 Manfaat & 5 Hal Menakjubkan Pinus

hutan pinus mangunan
Hutan Pinus Imogiri - Mangunan, Dlingo adalah Salah satu tempat wisata alam Jogja yang sanggup memberikan pengaruh cukup besar untuk pariwisata di Kabupaten Bantul lainnya.
Dengan dibukanya wisata alam hutan pinus mangunan, maka semakin banyak dan berkembang wisata alam di Mangunan Jogja.



Nah, Hutan Pinus Imogiri Mangunan akhir-akhir ini dijadikan alternatif tempat wisata alam yang menarik. Terbukti dengan tersebarnya foto-foto di media sosial, saat orang berkunjung di hutan pinus Imogiri.

Hal ini juga memberikan dampak positif kepada tempat pariwisata lainnya, khususnya adalah Pantai Depok.

Sebenarnya tanaman Pinus termasuk dalam tanaman keluarga Pinaceae, tanaman ini tercatat kurang lebih ada 115 jenis dan tersebar ke tiga subNegara. Hal ini dapat diketahui dari ciri daun, buah yang kerucut dan bijinya pada tanaman pinus yang ditemukan di tiga subNegara tersebut.

Tinggi pohon pinus dapat tumbuh mulai dari 10m dan bisa mencapai 245 m tergantung dari jenisnya, tetapi kebanyakan pohon pinus memiliki tinggi rata rata 147m.


Jenis tanaman yang tumbuh di Hutan Pinus Imogiri adalah dari jenis pinus merkusi. Jenis Pinus ini tersebar ke 5 wilayah yang dijadikan sebagai wisata alam Jogja, di kabupaten Bantul. 


5 Objek Wisata Alam Hutan Pinus Imogiri - Mangunan 


1. Hutan Pinus Nganjir
Tempat wisata alam di Jogja ini terletak paling ujung selatan, lokasi terdekat dengan kebun buah mangunan dan Bukit Panguk Kediwung

2. Hutan Pinus Asri

Lokasinya berdekatan dengan Nganjir, Hutan Pinus Asri inilah yang paling populer di masyarakat, bahkan sebagai spot foto pre wedding. Terbukti sudah banyak sekali undangan pernikahan yang tersebar dengan nuansa hutan pinus asri.  


destinasi wisata di jogja | objek wisata hutan pinus bantul

Para sahabat traveller yang pernah berkunjung di sini, pasti mengunggah foto fotonya di media sosial, jadi dapat dipastikan bahwa hutan pinus asri lebih terkenal, selain itu sudah terdapat fasilitas umum yang nyaman seperti mushola, toilet dan warung.

3. Seribu Batu Songgo Langit
Di Seribu Batu Songgo Langit ini memiliki beberapa properti menarik, seperti rumah hobit, rumah kurcaci yang terbuat dari ranting kayu, selain itu juga ada Flying fox 



4. Puncak Becici

Puncak Becici merupakan View Point atau biasa disebut gardu pandang.

destinasi wisata di jogja | objek wisata hutan pinus bantul-jogja

5. Hutan Pinus Pengger/Sendangsari

Hutan pinus pengger adalah yang terbaru dijadikan wisata di jogja, dari atas sini dapat menikmati sunset & cahaya lampu jogja dengan latar gunung merapi dan merbabu, sebelas-duabelas dengan bukit bintang, hanya saja fasilitas disini belum sebanyak bukit bintang. 

Kalau sahabat traveller menyempatkan untuk melihat peta, kelima hutan pinus tersebut mulai dari hutan pinus Nganjir hingga hutan pinus Pengger hanya satu jalan yang menghubungkan antara kelima lokasi  hutan pinus tersebut, mulai dari jalan pinus nganjir dan berakhir di jalan dlingo-bantul. 


Latar Belakang Hutan Pinus Imogiri Manggunan Sehingga dijadikan Wisata Alam Jogja

Sebelum membahas lebih jauh tentang Hutan Pinus Mangunan, sebaiknya kita tahu apa yang dimaksud dengan hutan homogen.

Hutan Homogen adalah hutan yang terdiri dari satu macam jenis pohon saja, jenis binatang penghuni di dalam hutan homogen ini pun hanya beberapa jenis binatang yang mampu beradaptsi dengan jenis pohon yang tumbuh di hutan homogen tertentu.

Sebenarnya Hutan Homogen ini memang sengaja dibuat dengan maksud dan tujuan, karena banyak manfaat (4 manfaat terdeskripsikan di bawah) yang didapatkan untuk manusia dan ekosistim disekitar hutan homogen tersebut. 

Flashback sebentar tentang Hutan Pinus Imogiri Mangunan
Dulu, sebenarnya kawasan Hutan Pinus ini merupakan Hutan yang memproduksi kayu putih. Kemudian pada tahun 1965, entah karena kebutuhan ekonomi atau hanya keserakahan yang tidak bertanggungjawab, maka terjadi penebangan besar besaran yang mengakibatkan kawasan tersebut menjadi hutan gundul.   

Pada Tahun 1985 kawasan hutan gundul ini ditanami kembali dengan jenis pohon pinus merkusii oleh Dinas Perkebunan dan Kehutanan DIY. Sejak tahun 1985 hingga  tahun 2016 artinya sudah 31 tahun, kini pohon pinus merkusii yang ditanam di wilayah kering, tandus dan gundul kini tumbuh dengan subur, batang yang kekar dan menjulang tinggi memberikan kesejukan, dan perlindungan dari teriknya panas sinar matahari.

3 Cirikhas Hutan Pinus Imogiri Jogja :

1. Stage (Panggung Terbuka)
Sudah banyak banget foto foto stage hutan pinus di jogja yang menyebar di medsos khususnya istagram & facebook. Panggung yang ditata rapi bahkan tempat duduk penonton semuanya terbuat dari batang pohon yang di setting secara artistik.


2. Memiliki Beberapa Gardu Pandang

Kawasan hutan pinus mangunan di Bantul yang tersebar di beberapa lokasi dengan topografi alam perbukitan menjadikan wisata alam di jogja ini memiliki gardu pandang, diantaranya di Bukit Becici, Bukit Dahromo, Hutan Pinus Pengger dan Hutan Pinus Asri yang semuanya untuk memanjakan mata dengan keindahan alamnya.

Bahkan di Pengger terdapat view point untuk melihat indahnya kelap kelip cahaya lampu jogja di malam hari, layaknya di Bukit bintang, hanya saja fasilitas belum banyak seperti di bukit bintang.

3. Adanya Mata Air

Yang menjadi cirikhas ke-tiga adalah dengan adanya sumber mata air yang dinamakan "Bengkung". Mata air yang ada di hutan pinus ini, konon adalah tempat pertapaan dari Sultan Agung Hanyakrakusuma. 

4 Manfaat Hutan Pinus Imogiri Mangunan :

1.  Secara Ekologi, kesuburan tanah terpelihara, mencegah banjir & erosi.
2.  Secara Klimatologi, memproduksi oksigen & mengatur iklim.
3. Secara Hidrologi, membantu menyimpan sumber mata air bawah, mencegah meresapnya air laut (sebagai pengontrol tata air tanah)  
4. Secara Ekonomi, menghasilkan kayu, kertas, (devisa negara), pastinya kalau Hutan Pinus Imogiri-Mangunan adalah pendapatan dari wisata. 

Sahabat Traveller, yang mempunyai keinginan berkunjung di hutan pinus, perhatikanlah beberapa hal penting bila berkunjung di hutan pinus.

Pertama : Sebaiknya ambil paket wisata yang di kombinasi dengan objek wisata di jogja lainnya atau sewa mobil karena Tidak ada jalur transportasi umum yang melewati tempat ini.

Kedua : ini point yang paling banyak diabaikan, janganlah membuang sampah sembarangan apalagi puntung rokok, mengingat pohon pinus adalah jenis pohong yang sangat mudah terbakar.

5 Hal Menakjubkan Tentang Hutan & Pohon Pinus


1. Pohon Pinus tertua di dunia dari jenis "Great Basin Bristlecone" yang mencapai usia 4800 tahun.


destinasi wisata di jogja | objek wisata hutan pinus bantul-jogja


2. Untuk Masyarakat Korea, pohon pinus sebagai simbol cinta, batang yang lurus dan tidak bercabang adalah sebagai lambang kesetiaan dan hati yang tidak bercabang. Pantesan banyak dipakai buat spot foto pre wedding.

3. Sebuah penelitian di jepang yang dilakukan di universitas kyoto menyatakan beraktifitas di hutan pinus selama 15 menit setiap hari dapat mengurangi resiko stress.

4. Obat yang terbuat dari Ekstrak pohon pinus mampu menghilangkan rasa nyeri persendian lutut, menguatkan ingatan lansia, peredaran darah jadi lancar. 

5. Pohon pinus mengandung antioksidan dan kulitnya kaya akan vitamin C.

Jadi,  disarankan untuk Anda Saat liburan ke Yogyakarta sebaiknya berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri. Selain murah, salah satu wisata alam Jogja ini sangat menarik dan memiliki spot foto yang instagramable banget.


Baca Juga Artikel Dibawah Ini!


logoblog

2 comments:

Ikuti Artikel Terbaru