Kuasai 3 Teknik Wajib Sebelum Snorkeling di Wisata Pantai Sadranan Jogja Dan Lakukan 4 Tips ini

objek wisata di jogja menjadi spot snorkeling
Picture by:BukaMata
Sahabat wisata Pantai Jogja, Sadranan yang terletak di Gunungkidul lebih tepatnya berada diantara Pantai Slili dan Pantai Ngandong, menjadi tujuan favorit untuk Snorkeling.



Keindahan Pantai Sadranan sudah tidak diragukan lagi, dengan pemandangan bentangan pasir putih yang panjang dan luasnya view ke samudra Hindia sangat cocok dijadikan sebagai objek wisata pantai Jogja.

Cirikhas dari pantai sadranan adalah adanya tebing karang dengan ukuran bisa dibilang lumayan besar yang terletak berada di sisi sebelah kiri.

destinasi wisata di jogja yang menjadi spot snorkeling
Picture by:BukaMata
Selain keindahan alam yang memanjakan mata ternyata pantai sadranan menjadi salah satu spot Snorkeling.

"Haahh... Snorkeling"? apa itu Snorkeling...?????

Jadi Yang di maksud dengan Snorkeling adalah kegiatan berenang di permukaan air menggunakan perlengkapan tertentu dengan tujuan melihat keindahan biota atau kehidupan di dasar laut, termasuk ikan kecil dan terumbu karang.

Peralatan yang digunakan pun sederhana :

1. Snorkel 
Snoorkel adalah pipa sebagai alat bantu pernafasan saat snorkeling dilakukan, alat ini memiliki pelindung di bagian ujung bawah pada mulut.

2. Masker
Adalah kacamata agak lebar yang berguna agar penglihatan lebih jelas.

3. Fins 
Sebuah sepatu yang bentunya mirip dengan sirip atau biasa disebut denga kaki katak.

Untuk lebih jelasnya ada contoh foto seperti dibawah ini


objek wisata di jogja yang menjadi spot snorkeling

Snorkelling tidak memerlukan tabung oksigen, karena hanya dilakukan di perairan dangkal dan aktivitasnya hanya di permukaan air saja.

Snorkeling di Pantai Sadranan ini dilakukan hanya sebatas di bibir pantai saja dan di perairan dangkal dengan kedalaman sekitar 80cm, so.. bagi orang yang tidak bisa berenang pun tetap bisa melakukan snorkeling di pantai sadranan.

Artinya, snorkeling yang dilakukan di wisata pantai Sadranan Jogja ini, bisa dikatakan sebagai latihan bagi pemula yang menyukai olahraga snorkeling.

Sahabat wisata pantai Jogja, sebelum memulai aktivitas ber-snorkeling sebaiknya menguasai beberapa teknik dasar bagi pemula :

1. Memakai Masker dengan benar
Pakailah Masker dengan cara menekan rapat rapat dan vakum, pastikan juga agar tali masker tidak terlalu ketat atau longgar, jangan sampai karet masker terselip dan ada benda lain masuk ke dalam masker.

2. Cara Bernafas melalui Snorkel
Sebelum masuk ke dalam air latihan pernafasan dulu dengan snorkel melalui mulut, caranya tarik nafas panjang dengan perlahan lalu hembuskan secara perlahan pula. Lakukan latihan pernafasan ini sekitar 5 menit sampai anda terbiasa.

3. Snorkel dan Masker clearing
ketika ber-snorkeling kemungkinan air masuk di dalam masker dan pastinya mengganggu penglihatan.

Cara membersihkannya dengan cara tarik nafas panjaaaaang.... lalu hembuskan dengan kuat melalui hidung, jika snorkel yang kemasukan air hembuskan nafas sekuat mungkin melalui mulut.

Dengan cara seperti ini anda tidak perlu keluar dari air dan melepas masker.

4. Ber-Snorkeling dengan teman
Jangan jauh jauh dari teman anda saat melakukan snorkeling, dengan adanya teman di dekat anda saat ber-snorkeling akan bermanfaat apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Teknik selanjutnya akan dijelaskan secara mendetail oleh pemandu di wisata pantai Sadranan Jogja.

Ada beberapa macam ikan dengan warna yang menarik dan bentuk yang unik berada di sekitar spot terbaik di pantai sadranan, Jenis ikan tersebut diantaranya adalah Botana Kuning, Neon, Kuniran, Belut Moray, Morish Idol, Buntal dan terumbu karang yang bentuknya menarik.

Jenis beberapa ikan tersebut dapat dijumpai di sekitar 2 spot terbaik di pantai sadranan, nama Spot tersebut adalah Kali Senggoro dan Watu Pecah.

Simak Video Snorkeling Di Wisata Pantai Sadranan Jogja di bawah ini!!!
Video by: Alifina izzah



3 Tips yang wajib diperhatikan bagi anda sebelum melakukan Snorkeling :

Tips ke 1
Gunakanlah jasa pemandu tersebut untuk melakukan aktivitas snorkeling di pantai sadranan, karena dengan adanya jasa pemandu anda akan dibawa ke spot terbaik untuk melihat biota laut di pantai sadranan.

Jika menggunakan jasa pemandu, biasanya kita di ajak ke 2 spot terbaik saat snorkeling.

Selain itu pemandu selalu menemani dan menjaga dari faktor yang tidak di inginkan.
Sebagai Contohnya:
Karena asyik menyaksikan biota laut, terumbu karang dan tingkah ikan yang lucu nge-Gemesin banget saat berenang kejar kejaran, jadi lupa berenang hingga ke tengah lautan.

Hal ini dapat di hindari kalau ada jasa pemandu yang menemani kita.

Tips ke 2
Saat kita akan melakukan snorkeling di Pantai Sadranan, persiapkanlah roti yang sudah di potong kecil-kecil untuk memberi makan ikan, agar ikan pada ngumpul mendekati kita untuk memakan roti tersebut.

Jika hal ini dilakukan secara continue oleh sahabat traveller, maka ikan tidak akan takut dengan manusia bahkan ikan selalu mendekat ke kita jika melakukan snorkeling lagi di pantai sadranan.

Tips ke 3
Jangan membuang sampah di Spot Snorkeling ya Sob...!!! dan berhati hatilah jangan sampai menginjak terumbu karang, dengan terinjak-injak maka akan merusak terumbu karang.

Sebab petumbuhan Terumbu karang ini sangat lambat, bahkan ada jenis terumbu karang tertentu yang hanya bisa tumbuh 1cm dalam kurun waktu 5 Tahun.

Tips ke 4
Lestarikanlah biota laut di Pantai Sadranan, Sebenarnya bukan hanya wisata pantai Jogja saja ya Sob... Seharusnya semua objek wisata di Indonesia terutama yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan dan hajat hidup orang banyak.

Jika bukan mulai dari kita, lalu siapa lagi? Kasihan anak cucu kita nantinya hanya bisa mendengar cerita keindahan Indonesia saja tanpa bisa menikmati keindahannya lagi. 

Jika alam Indonesia Sudah Rusak maka istilah Wonderful Indonesia tidak akan pernah ada lagi. 



Wisata Pantai Jogja Lainnya

logoblog

1 comment:

  1. Your blog provided us with valuable information to work with. Each & every tips of your post are awesome. Thanks a lot for sharing. Keep blogging.. best snorkeling destination

    ReplyDelete

Ikuti Artikel Terbaru