Keindahan Pantai Nglambor Sebagai Spot Snorkeling Wisata Pantai Jogja, Terjaga Karena Tradisi Ngalangi

pantai nglambor snorkeling rasa bali-wisata pantai di jogja
Picture by : Bintang Nglambor
Pantai Nglambor adalah salah satu Wisata Pantai Jogja di Kabupaten Gunung Kidul yang memiliki spot Snorkeling lebih bagus dari Pantai Sadranan


Pantai Nglambor yang secara resmi telah dibuka pada tanggal 1 Maret 2015 terletak di Desa Purwodadi, Ngandong, Kec. Tepus, Gununkidul-Jogja.  

Pantai Nglambor ini bentuknya seperti Teluk, dan memiliki keindahan biota dasar laut sangat mempesona.  Airnya jernih dengan ombak yang lebih kecil dibanding dengan pantai lainnya di wilaya Gunungkidul.

Gelombang ombak yang kecil di pantai Nglambor ini disebabkan karena terhalang oleh 2 batu karang yang besar.

2 batu karang besar tersebut dinamakan Pulau Lombor & Pulau Watupanjang. 

Jadi, gelombang ombak besar dan tinggi yang datang dari Samudra Hindia teredam lebih dulu oleh dua tebing karang sebelum akhirnya menyentuh bibir pantai.
pantai nglambor snorkeling rasa pulau bali | wisata pantai di jogja


Menurut Ari, seorang pengunjung di salah satu wisata pantai jogja ini menyatakan bahwa: "Pantai Nglambor sangat mirip dengan Pantai Pandawa di Pulau Bali, Hal ini jika digarap serius akan menjadikan wisata pantai Jogja ini serasa Bali" 

Jadi bukan hanya di Bali saja yang memiliki pantai dengan keindahan terumbu karang dan biota lautnya. Dan Wisata pantai Jogja sendiri pun adalah salah satunya, bahkan di Banyuwangi  juga memiliki 4 wisata pantai favorit yang masih sangat alami.


Nglambor Adalah Wisata Pantai Jogja Yang Melestarikan Biota Laut

Salah satu kelebihan dari Pantai Nglambor ini adalah adanya Konservasi Biota laut yang didalamnya termasuk terumbu karang, rumput laut dan ikan, Konservasi ini di pelopori oleh Pemuda bernama Ganef.

Air yang jernih, aneka jenis terumbu karang, ragam ikan laut seperti Jambrong & Sergeant Major menjadikan Pantai Nglambor memenuhi syarat sebagai Spot Snorkeling.

Dengan demikian Pantai Nglambor hingga saat ini masih melakukan penatakan secara serius agar ekosistem dan populasi biota laut tetap terjaga kelestariannya.


"Ngalangi" Adalah Tindakan Pelestarian Biota di Pantai Nglambor

Arti dari Ngalangi itu sendiri adalah "Menghalangi/Mencegah" atau bisa juga "Melarang"

Dengan Budaya "Ngalangi" yang dilakukan secara tradisonal oleh masyarakat setempat, merupakan sebuah apresiasi untuk melindungi dan melestarikan ekosistim & populasi biota di Pantai Nglambor.

Bentuk dari tradisi tersebut adalah Larangan kepada siapapun untuk menangkap ikan di Pantai Nglambor kecuali 1X dalam kurun waktu 1 Tahun, itu pun dilakukan diluar masa pemijahan/berkembang biak ikan.

Penangkapan ikan ini dengan cara yang tradisional menggunakan "Gawar". Gawar adalah sebuah jaring yang dibuat dari akar tanaman mawar. 

Dengan adanya Tradisi Ngalangi seperti ini, maka keindahan dan pesona bawah laut di Wisata Pantai Nglambor Jogja masih sangat terjaga kelestarian biota lautnya.

Andaikata tradisi semacam ini dilakukan di seluruh wisata pantai jogja, terutama di Gunung Kidul, maka seluruh pantai di Gunung Kidul akan selalu terjaga kealamiannya. Aku 


Tips Melakukan Snorkeling di Pantai Nglambor

1. Hati-hati

Sahabat wisata pantai Jogja, yang perlu diperhatikan saat Snorkeling adalah agar berhati-hati jangan sampai merusak ekosistim biota laut, terutama pada terumbu karang. Karena pertumbuhan terumbu karang sangatlah lama, bahkan ada yang perkembangannya hanya mampu tumbuh cuma 1 cm per 5 Tahun.

2. Jagalah Terumbu dari kerusakan

Jika terjadi kerusakan pada terumbu karang, maka tidak akan pernah ada lagi ikan-ikan bergerombol. Ini dikarenakan terumbu karang adalah tempat dimana ikan mencari makan, berlidung dan berkembang biak.

3. Menggunakan jasa pemandu

Kedalaman air di Pantai Nglambor ini bervariatif karena tergantung pasang surutnya air laut, mulai dari atas lutut hingga sekitar 1m-an. Masih aman untuk Snorkeler pemula, ada baiknya bila melakukan Snorkeling disertai dengan jasa Pemandu dan pastinya anda akan dibawa ke spot terbaik yang instagramable, artinya spot bagus buat selfie.


Fasilitas Alat Snorkel di Wisata Pantai Nglambor Jogja

Terdapat persewaan fasilitas alat snorkel di Pantai Nglambor dengan harga yang murah, peralatan tersebut diantaranya Snorkel, Masker, Rompi Pelampung, dan sudah includes dengan jasa pemandu dan dokumentasi foto /org mendapat 3-5 kali shoot. 

Cara Menuju ke Pantai Nglambor

Sahabat wisata pantai Jogja, kalau ingin Snorkeling atau hanya sekedar menikmati keindahan Pantai Nglambor, sobat dapat menggunakan jasa transportasi yang ada di pusat Kota Jogja. Ada banyak pilihan mulai dari Sewa Mobil yang sudah include dengan Driver dan ada pula paket tour dikombinasi dengan Objek wisata di Jogja lainnya.

Baiklah....

Kalau sudah puas Snorkeling di Pantai Nglambor, sekarang saatnya balik ke Hotel dimana anda menginap. Tapi disarankan kalau masih ada waktu, alangkah baiknya untuk mampir di Bukit Bintang atau di Hutan Pinus Pengger saat dalam perjalanan.

Bukit Bintang dan Pinus Pengger merupakan wisata menarik di Jogja yang sangat recommended. Bukit bintang biasa digunakan sebagai tempat istirahat dan melepas lelah sembari menikmati Sunset dan Cahaya lampu Jogja yang seperti kelap-kelip Bintang di langit.

Sedangkan Hutan Pinus Pengger adalah view point untuk menikmati sunset, ditempat ini sangat instagramable, karena ada beberapa spot untuk foto selfie yang sangat artistik. Seperti halnya Ikon dari tempat ini yaitu tangan sangat besar yang terbuat dari ranting pohon.



logoblog

No comments:

Post a Comment

Ikuti Artikel Terbaru