Goa Pidul memiliki Stalagtit-Stalagnit Terbesar ke-4 Dunia

wisata alam di jogja - wisata murah di jogja-goa pindul
Goa Pindul adalah salah satu tempat wisata alam di jogja, pasalnya dekorasi di dalam gua pindul belum tersentuh oleh modernitas kemajuan teknologi.

Dulunya goa pindul oleh penduduk sekitar hanya dijadikan sebagai pencarian sarang burung wallet saja.


Goa pindul memiliki panjang lorong kurang lebih 350m, memiliki lebar yang variatife mulai dari 1,5m-4 m, dimulut goa kedalaman air sekitar 1m-5 m, semakin kedalam kedalaman air bisa mencapai 12m. 

Terdapat 3 zona bila dilihat dari tingkat kegelapan di Goa Pindul, diantaranya mulai dari  zona remang-remang, zona gelap abadi dan zona terang. Nah, kedalaman air di zona abadi bisa mencapai 12m.

Durasi yang di perlukan untuk melakukan aktivitas cave tubing di gua pindul kurang lebih sekitar 45 menit hingga 60 menit, tergantung kepadatan pengunjung pada saat itu.

Pada saat musim liburan, jumlah pengunjung salah satu objek wisata di jogja ini meningkat signifikan. Bahkan, jika musim liburan hari raya tiba, pengunjung bisa sangat padat dan berjubal jubal, Hal ini dapat terlihat dari banyaknya pengunjung yang mengantri di mulut Gua Pindul.


Aktivitas & Kondisi Goa Pindul Jogja

Dari faktor keamanan jelas, karena pengunjung didampingi oleh pemandu yang sudah berpengalaman. Selama eksplorasi gua pindul yang memakan rentang waktu antara 45menit-60menit Pemandu akan menerangkan semua tentang Goa Pindul mulai dari sejarah sampai hingga fungsi Gua Pindul pada Zaman dulu.

Di dalam Goa Pindul terdapat banyak sekali batuan Stalagtit & Stalagmit aktif bahkan batuan Kristal.  Terdapat Juga Stalagtit yang menyerupai Candi Prambanan, biasanya pengunjung perempuan disarankan oleh pemandu untuk menerima tetesan air yang jatuh dari stalagtit ini, konon mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa air dari tetesan ini bermanfaat menambah kecantikan dan membuat awet muda.
wisata alam di jogja-goa pindul
Batu Mirip Prambanan
Sedangkan untuk pengunjung Pria disarankan untuk menyentuh batu stalagmit dengan nama batu perkasa, konon batu ini memiliki manfaat menjadikan seorang pria perkasa dan "tahan lama".

Di dalam Zona gelap abadi terdapat Stalagtit dan Stalagmit yang menyatu dan memiliki ukur lingkaran kurang lebih 7m, dengan ukuran ini menjadikan Stalagtit-Stalagmit tersebut menduduki peringkat ke-4 di Dunia dan peringkat 1 di Asia bila dilihat dari besar ukurannya.

Batu tersebut dinamakan dalam bahasa jawa “Soko Guru” yang memiliki arti tiang penyangga . Jadi kata Soko Guru tersebut memiliki arti Penyangga bukit yang ada diatas Gua Pindul. Bahkan di zona ini ada juga Sebuah batu Stalagtit yang bila di pukul dengan tangan mengeluarkan bunyi “Gong”.
wisata alam di jogja-goa pindul
(Soko Guru) Stalgtit - Stalagmit yang menyatu Terbesar peringkat 4 seDunia

Sebelum sampai di garis finish terdapat lobang dari atas dinding goa, cahaya terang masuk melalui lubang tersebut menyentuh permukaan air dan dipantulkan ke dinding goa yang menghasilkan pemandangan yang  sangat indah. Di zona ini sering disebut pemandangan ini dengan nama The Hidden light Paradise of Jogja.
wisata alam di jogja-goa pindul
The Hidden Paradise of Jogja.

Pada Zona ini kedalaman air sekitar 2meter saja, biasanya tradisi yang di lakukan oleh pengunjung lompat dari atas dinding goa yang ketinggiannya sekitar 1,5-2m.


Perlengkapan Cave Tubing Goa Pindul

Tentu saja aktivitas cave tubing ini dilakukan dengan peralatan yang menjamin keselamatan. Pengunjung diwajibkan mengenakan Rompi pelampung, sepatu dari karet dan ban yang besar sebagai pelampung.

Pengunjung tidak perlu sewa alat tersebut, karena tiket Gua Pindul sudah termasuk dengan perlengkapan.

Rompi pelampung yang disediakan mampu menahan beban seberat 100kg, sehingga rompi ini tetap membuat pengunjung tetap mengambang meskipun tidak dapat berenang, asal berat badan tidak melebihi dari 100kg.
Kegiatan cave tubing di Goa Pindul sangat aman dilakukan untuk anak sekolah yang duduk di Sekolah Dasar bahkan untuk orang tua. Karena cave tubing di wisata alam Goa Pindul bukanlah wild cave tubing akan tetapi hanya mengapung.
Karena masih dianggap sakral oleh warga di sekitar Goa, maka anda yang mengunjungi salah satu tempat wisata alam jogja ini diharapkan mampu menjaga sikap dan perkataan yang buruk, paling tidak menghargai apa yang diyakini mereka.

Selain cave tubing Gua Pindul, anda juga dapat mengambil paket sekaligus Rafting Kali Oya, karena wisata alam jogja terdekat dengan Goa Pindul adalah Rafting Kali Oya karena masih satu lokasi.


Relatives Post




logoblog

No comments:

Post a Comment

Ikuti Artikel Terbaru