Saksi Kemarahan Merapi Jadi Wisata Menarik di Jogja

Photo by : yogya backpacker
Sebuah ikon wisat alam jogja yang sangat mendunia dikarenakan bukan sebuah karya seni atau prestasi, akan tetapi berdasarkan kegarangannya. Dan menjadi wisata menarik di Jogja ketika traveller liburan ke Jogja.


Gunung Merapi yang memiliki siklus erupsi antara 4-6 tahun sekali memiliki sejarah yang sangat panjang, dimulai sejak ratusan ribu tahun lalu.

Merapi telah menampakkan amarhnya dengan memuntahkan lava pijar dan awan panas pada tahun 2010. Erupsi sangat besar sepanjang sejarah merapi muda disertakan dengan eksplosif dahsyat bahkan mengeluarkan dentuman menggelegar dan gemuruh yang dapat terdengar hingga di kawasan pusat kota jogja dan Malioboro.

USIA & SEJARAH ERUPSI MERAPI 




Kerusakan Alam Akibat Erupsi Merapi 2010

Erupsi ini mengakibatkan dampak yang sangat besar di wilayah selatan lereng Merapi, seluruh bangunan hancur lebur luluh lantah di terjang lava pijar. Termasuk wisata alam Jogja yang ada di sebelah Kaliurang, yaitu bukit Plawangan. Hutan yang semula terbentang hijau, habis terbakar oleh awan panas. Material yang dikeluarkan oleh gunung Merapi mengubur segala sesuatu di sekitar yang dilaluinya. 

Pemandangan yang semula indah berseri, berwarna hijau dan menyejukkan mata digantikan dengan hamparan material berupa pasir dan batuan vulkanik sangat luas dan sejauh mata memandang.

Jurang yang memiliki kedalaman ratusan meter di sebelah puncak bebeng tidak mampu menampung material yang dimuntahkan oleh Gunung Merapi.

Beberapa wisata alam Jogja seperti Bukit Plawangan telah musnah, dan Kaliurang yang dulunya selalu dipadati pengunjung kini menjadi sepi. Bahkan jalur pendakian dari arah selatan kini tidak dapat dilalui lagi. 

Puncak Bebeng yang dulunya setiap malam minggu dijadikan tempat favorit anak muda ber-camping kini telah sirna terkubur dalam oleh material muntahan gunung Merapi.


Latar Belakang Adaya Merapi Lava Tour Untuk Wisata Menarik Di Jogja


Setelah Status Merapi dinyatakan aman oleh Badan Vulkanologi Yogyakarta, tidak hanya masyarakat Jogja saja melainkan dari berbagai daerah juga berbondong bondong untuk melihat kondisi dilereng Merapi pasca erupsi.

Suasana yang sangat mistis dan tercium bau kayu yang terbakar oleh awan panas, bahkan tercium bau bangkai entah itu bangkai hewan ternak atau kemungkinan dari korban manusia yang belum ter-evakuasi.

Dengan banyaknya orang yang berbondong bondong melihat kondisi akibat erupsi merapi, maka hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar yang tadinya hanya sekedar parkir kendaraan, kemudian tambah dengan jasa ojek dengan motor trail khusus untuk pengunjung yang malas berjalan keatas.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah asal mula adanya Merapi Lava Tour dengan mengendarai Jeep.

Menurut perkiraan saya, dulu sewaktu evakuasi korban dari erupsi merapi 2010 perlu menggunakan kendaraan yang mampu melewati medan yang sangat berat.

Kemudian Beberapa relawan mengikhlaskan tenaga dan meluangkan waktu dan fasilitas berupa Jeep.

Setelah pasca erupsi dan dinyatakan aman oleh badan vilkanologi, jeep ini masih tetap siap siaga berjaga jaga di beberapa titik rawan. Dan difungsikan juga untuk mengangkut bantuan berupa logistik, obat obatan, dain lain lain.

Dengan padatnya pengunjung pasca erupsi merapi, jasa ojek dengan motor trail tidak mampu mencukupi membludaknya pengunjung yang penasaran dengan kondisi dari tempat yang dilalui lava pijar dan awan panas yang hanya meninggalkan sisa sisa. 

Karena banyak juga pengunjung bersama dengan keluarga, maka jeep yang ada dan pada saat waktu luang digunakan jasanya untuk membawa mereka melintasi jalur yang dilalui lava pijar dan awan panas. 

Seiring berjalannya waktu, Touring dengan Jeep ini semakin populer di masyarakat. Mereka yang sudah melakukan touring mengunggah foto selfie mereka di jejaring sosial.

Mungkin hal ini lah yang secara tidak sengaja membantu kepopuleran yang hanya memerlukan waktu singkat dan akhirnya jadi wisata Merapi Lava Tour sebagai wisata menarik di jogja yang berbasis pada wisata alam jogja. 

Bahkan Artis kenamaan Hollywood yang pernah meraih piala Oscar pun pernah melakukan wisata advanture ini. Dia adalah Nicole Kidman, yang menggunakan jasa Jeep Merapi 86. 

Beberapa Spot Menarik Saat Merapi Lava Tour


Sahabat Wisata Alam Jogja, saat anda ber-Advanture Merapi Lava Tour menyusuri sisa sisa erupsi merapi, Driver Jeep akan membawa anda di beberapa spot menarik yang menjadi tempat pemberhentian. 

Spot Tersebut diantaranya :

1. Museum Mini

Masih terasa kemarahan Gunung Merapi di tempat ini, yang dulunya adalah Rumah milik Pak Riyanto yang sekarang dijadikan sebagai mini museum karena ini adalah salah satu bukti sejarah dampak dari Erupsi Merapi tahun 2010.

Di dalamnya berisi terdapat barang barang telah usang dan rusak akibat dari kemarahan sang Merapi. Bahkan tulang belulang dari hewan ternak, kerangka motor, dan beberapa peralatan Rumahtangga. Maka Museum Mini ini dinamakan Museum Mini Sisa Hartaku.


wisata advanture gunung di jogja | museum mini sisa hartaku


2. Batu Alien

Sebuah Batu yang berukuran cukup besar ini hasil dari muntahan material gunung Merapi. Batu ini terukir secara alami mirip dengan wajah manusia yang memiliki dagu panjang. Dua buah mata yang sebelah kanan lebih besar, hidung berbentuk segitiga, dan mulut yang mencong ke bawah kanan.

wisata advanture gunung di jogja | batu alien merapi

Setelah melihat penampakan diatas Sahabat Traveller tentunya sudah mengerti kan, alasan kenapa di namakan Batu Alien.

4. Bunker Kaliadem

Mungkin banyak yang bertanya tanya, untuk apa bunker ini dibuat diatas lereng gunung merapi. Jadi Fungsi sebenarnya awal di bangun bunker ini dengan tujuan tempat berlindung dari awan panas. Tetapi pada Erupsi 2010 bunker ini terkubur oleh material panas yang dimuntahkan oleh Gunung Merapi.

Dan beberapa korban jiwa ditemukan didalam bunker ini, bayangkan saja suhu lava panas yang mengubur bunker pada waktu itu bisa mencapai lebih dari 600 derajat celcius.



wisata advanture gunung di jogja | bunker kaliadem

wisata advanture gunung di jogja | bunker kaliadem
Foto By:Eat travel repeat

5. Kampung & Makam Mbah Maridjan

Selanjutnya, sahabat Traveller bisa Berkunjung di Desa Kinahrejo, adalah kampungnya Alm. Mbah Maridjan dan Ziarah ke Makam Mbah Maridjan.

Mbah Maridjan (Mas Penewu Surakso Hargo) adalah Sosok seorang yang sangat fenomenal dan kontroversial karena tidak mau turun mengungsi saat erupsi pada tahun 2010, mungkin mempunyai alasan tersendiri di benak dan keyakinan Beliau.

Flashback Sebentar
Beliau memang santun dan Arif, mau berbincang denga siapa saja meskipun usianya terpaut jauh lebih muda. Pernah Sekali saya berbincang dengan beliau di Tahun 2004, Sewaktu saya ada kegiatan bakti sosial di kinahrejo.

"Ora apik, cah saiki ngorek - orek nggawe tulisan neng watu nganggo spidol, nganggo opo kui jenenge sek di semprot, uwit di peso-ni di kei tulisan. Ojo ditiru kui ora apik, tangan lan omongan kudu di jogo"

(Tidak Baik, anak jaman sekarang membuat tulisan diatas batu, melukai kulit pohon dengan pisau hanya untuk menuliskan nama. Jangan meniru hal tersebut, tangan dan perkataan kita harus dijaga dari hal yang tidak baik)

Pesan Moral tersebut masih terngiang di telinga saya dan melekat di memori saya. Intinya kita harus berbuat kebenaran di manapun juga, terlebih dengan alam, yang telah memberikan kita feedback sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.

Photo : trip advisor

Sebenarnya masih ada beberapa tempat wisata menarik lagi yang dijadikan spot saat melakukan wmerapi lava tour. 
Jumlah tersebut tergantung dari sahabat traveller saat mengambil paket jeep merapi lava tour.

Harga paket tergantung dari durasi, mulai dari durasi terpendek 1 jam dengan 4-5 spot yang dikunjungi dengan harga Rp. 350.000 hingga durasi terpanjang sekitar 3 jam dengan harga Rp. 600.000.

Keuntungannya apa saja jika mengambil durasi terpanjang? tentu saja sahabat traveller mendapatkan spot lebih banyak dan pasti sangat puas menyusuri rute yang menantang dan asik gila.

Selain itu paket jeep merapi lava tour juga menawarkan sunrise yang romantis dari puncak kaliadem. Tour ini dimulai dari jam 4 pagi, dan selesai jam 8 pagi. Paket ini ditawarkan dengan harga untuk wisatawan domestik Rp. 500.000

Menuju Wisata alam Jogja Kaliadem

Cara paling mudah dari kota jogja dengan menggunakan jasa tour and travel di pusat kota jogja, ada yang menawarkan sudah include dengan biaya transport dan harga paket merapi, ada yang secara terpisah hanya biaya transport saja.

perjalanan memerlukan jarak tempuh sekitar 1,5 jam sampai 2 jam tergantung dari kepadatan traffic. Biasanya saat musim liburan bisa sangat padat, jadi saran terbaik adalah berlibur di objek wisata advanture ini selain musim liburan.


Post Terkait


logoblog

No comments:

Post a Comment

Ikuti Artikel Terbaru