Wisata Pantai Depok Jogja Menyuguhkan Seafood Dan Sunset Mempesona

Depok Adalah Nama Wisata Pantai Jogja Yang Terkena Dampak dari Perkembangan Pariwisata Dlingo - Bantul

pesona keindahan sunset pantai depok yogyakarta
Sudah beberapa Tahun terakhir ini, kurang lebih Sekitar 4 Tahun yang lalu Kecamatan Mangunan-Dlingo, Kabupaten Bantul mulai dipadati wisatawan Domestik dan sudah dikunjungi oleh wisatawan asing.

Terutama wisatawan dari Asia, angka paling banyak pengunjung asing adalah dari Malaysia, kemudian menyusul Singapura dan Korea. Apalagi dengan diresmikan obyek wisata untuk Sunrise Spot yaitu Panguk-Kediwung, Dlingo pada Bulan Juli 2016, artinya baru 16 Bulan yang lalu.   



Lalu, apakah ada dampak terhadap obyek wisata lainnya di Kabupaten Bantul? Tentu saja, keuntungan merupakan dampak yang dapat terlihat jelas dan nyata dengan pesatnya perkembangan Pariwisata di Dlingo-Bantul terhadap beberapa obyek wisata yang sudah lama.

Salah satunya yang terkena dampak keuntungan adalah Wisata Pantai Jogja yaitu Pantai Depok, sebuah Pantai yang masih termasuk dalam wilayah kecamatan Kretek, Bantul-Yogyakarta.

Hal ini dapat terlihat dari semakin meningkatnya jumlah pengunjung yang memadati Pantai Depok setiap pada Hari Sabtu dan Minggu, terlebih lagi ketika musim liburan tiba. 

Lokasi Wisata Pantai Depok Jogja

Jarak yang harus di tempuh dari Malioboro kurang lebih 28Km, Pantai Depok terletak berada di sebelah paling barat, deretan pantai yang termasuk wilayah kretek kalau diurutkan mulai dari Pantai Parangtritis, Parang Kusumo termasuk Gumuk Pasirnya, Pantai Camara Sewu kemudian baru Pantai Depok. 

Lihat Screen Shoot dari Google Map dibawah ini!

wisata pantai depok yogyakarta


Sebenarnya Pantai Depok ini merupakan salah satu dari beberapa pantai TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di yogyakarta. 

Tetapi masih ada beberapa wisata pantai Jogja lainnya sebagai TPI, lokasinya berada di Kabupaten Gunung kidul-Yogyakarta, diantaranya adalah:

1. Pantai Sadeng lokasinya sebelah Timur Pantai Wediombo dan Pantai Jungwok
2. Pantai Baron
3. Pantai Ngrenehan 
4. Pantai Gesing 
5. Pantai Pandan Simo 

Pantai Ngrenehan dan Pantai Gesing berada di dekat Pantai Ngobaran, kecamatan Panggang, Gunung Kidul-Yogyakarta. 

Awalnya Pantai Depok Adalah TPI

Pantai Depok pada awalnya hanya sebagai TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di wilayah Pantai Kabupaten Bantul Yogyakarta. Dari ikan tangkapan hasil nelayan di lelang di pos TPI, kemudian dijual secara eceran atau kiloan oleh pedagang di pasar.

Dalam perkembangannya, perekonomian wilayah ini tumbuh di sektor perikanan dari hasil tangkapan laut, penduduk sekitar pantai yang tadinya bercocok tanam, sebagian ada yang beralih profesi menjadi nelayan, dan para ibu rumah tangga menjadi penjual ikan kiloan di pasar ikan depok.

Kemudian seiring berjalannya waktu pertumbuhan ekonomi di salah satu wisata pantai Jogja ini meningkat, hal tersebut ditandai dengan banyaknya warung makan seafood di pinggir pantai.

Bahkan pada Tanggal 16 Juni 2009 Pantai Depok diresmikan sebagai wisata Kuliner oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata. 

3 Hal Yang Disarankan ketika berkunjung di Wisata Pantai Depok Jogja

Setiap tempat obyek wisata di Yogyakarta mempunyai cirikhas masing masing mulai dari hal-hal seru, spot selfie, suasana n'Deso, maupun keindahan pemandangannya.

Pantai Depok pun juga mempunyai cirikhas keunikan tersendiri, untuk itu disarankan 3 hal dibawah ini ketika berkunjung di pantai depok:

I. Serunya Rebutan Ikan
Hal yang paling seru dan menarik di pantai depok adalah rebutan Ikan. 

Jadi ketika kapal nelayan mendarat dengan membawa banyak hasil tangkapan dari laut, banyak orang-orang saling berebut untuk mendapatkan ikan, cumi, udang dan lain-lainnya.

rebutan ikan di obyek wisata pantai depok yogyakarta
foto: twipost
Dengan membeli secara langsung dari nelayan, harga ikan lebih murah jika dibanding dengan membeli di pasarnya ikan pantai depok.

Setelah transaksi dengan nelayan kemudian mereka membawa ikan, udang, cumi, ke warung untuk dimasak, atau dibawa pulang.

Rebutan ikan ini biasanya dilakukan oleh para pengunjung dimulai dari sekitar jam 10:00 sampai jam 13:00, karena jam sekitar itu waktunya nelayan mendarat dan membawa hasil tangkapan.

II. Menikmati Sunset Pantai Depok Yang Sangat Mempesona

Sudah tahu apa belum Guys....? kalau Pantai Depok ternyata menyimpan pesona sunset yang aduhai. 

sunset obyek wisata pantai depok

So, kalau menginginkan melihat sunset di wisata Pantai Depok Jogja, sebaiknya berangkat dari kota yogyakarta sekitar jam 2 siang, perjalanan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam melalui Jl. Parangtritis.

Arahnya setelah sampai didepan TPR Pantai Parangtritis ada pertigaan ambil ke kanan terus saja mengikuti jalan pedesaan.

Sunset di Pantai Depok terlihat sangat mempesona karena matahari terbenam seakan berada diantara deburan ombak dan pasir pantai dan menciptakan warna yang sempurna.

Setelah ombak menyapu dan membasahi pasir kemudian kembali ke laut selatan, terciptalah sebuah refleksi warna jingga dari sinar matahari di atas permukaan pasir hitam yang basah, sehingga menghasilkan perpaduan warna yang sangat indah dan mempesona.

Warna pasir yang hitam bekilauan berpadu dengan warna jingga dari bayangan matahari, Birunya air laut bercampur putihnya buih dari ombak yang berkejaran, diatasnya, warna biru langit dihiasi laju awan berarak kerena tiupan angin, sungguh perpaduan warna yang sempurna.

III. Menikmati Lezatnya Seafood

Jika berangkat dari kota jam 2 siang, sampai di Pantai Depok sekitar jam 3 - 3:30 sore, langsung saja menuju ke pasar ikan. Sangat mudah untuk menemukan Pasar Ikan Pantai Depok, karena dari tempat parkir sudah kelihatan.

Beli terlebih dulu ikan, udang atau cumi-cumi, setelah selesai membayar langsung ke warung untuk dimasak.

Banyak sekali warung di tepi Pantai, tinggal pilih salah satu yang terlihat bersih dan nyaman.

Tidak perlu ditunggu Bro, ditinggal main air sambil menikmati sunset yang tenggelam di arah barat. 

seafood obyek wisata pantai depok yogyakarta
Foto: dherdian wordpress

Setelah menikmati keindahan sunset yang mempesona dan puas bermain dengan ombak, dapat dipastikan rasa lapar melanda. saatnya perut harus diisi dengan Seafood karena masakan sudah matang. 

Setelah kenyang dengan hidangan seafood di salah satu wisata pantai Jogja ini, sebaiknya segera bergegas pulang. Karena angin terasa berhembus semakin kencang hingga merasuk ke dalam tulang.

Sebaiknya dalam perjalanan pulang agar lebih berhati hati dan mematuhi rambu lalulintas, karena jalanan semakin rame jika di malam hari. 




Artikel Terkait Wisata Pantai Jogja



logoblog

No comments:

Post a Comment

Ikuti Artikel Terbaru