Air Terjun Kedung Pedut Di Kulon Progo, Adalah Harta Tersimpan Di Bukit Menoreh

air terjun jogja
image : look Jogja
Wisata alam Jogja memang menyimpan keindahan yang tak terhingga. Seperti yang tersimpan di Wilayah Kulon Progo, banyak sekali wisata alam air terjun yang berada di Bukit Menoreh. Salah satunya adalah air terjun Kedung Pedut. 


Memang kebanyakan Air terjun di Kulon Progo ini berukuran kecil, tidak seperti air terjun Niagara ataupun air terjun terbesar di dunia. Namun keindahannya patut di perhitungkan juga.


Wisata alam Jogja yang terletak di Kabupaten Kulon Progo ini adalah air tejun yang berkarakter Kaskade, sehingga tersusun secara bertingkat - tingkat dan memiliki beberapa air terjun kecil. Air terjun - air terjun kecil inilah yang menghubungkan antara cekungan satu dengan yang lainnya. 

Karakteristik salah satu keindahan air terjun alam jogja ini seperti air terjun yang ada di danau plitvice di Kroasia.


Karakteristik Air Terjun Kedung Pedut di Kulon Progo

Air terjun kedung pedut memiliki semacam taman air alami, terdapat banyak kedung (cekungan) di alirannya yang tersusun secara bertingkat-tingkat.  Kedung atau cekungan ini mempunyai kedalaman bermacam-macam, mulai dari sekitar 50cm hingga sekitar 2 meter.

air terjun jogja
image : rekreasi jogja



















Kalau dilihat foto air terjun kedung pedut diatas sangat indah kan, apalagi aslinya jauh lebih indah lagi.

Aliran air terjun kedung pedut di Kulon Progo ini berasal dari sumber mata air alam yaitu dari Taman Sungai Mudal.

Warna di air terjun kedung pedut kadang memiliki 2 warna yaitu biru dan Hijau muda. Warna air tersebut di pengaruhi oleh refleksi endapan di dasar kedung/cekungan.

Terkadang warna air nya juga dapat berubah sesuai dengan musim. Ketika musim penghujan, airnya cenderung berwarna biru. Sedang pada musim kemarau, debit air sedikit dan ada sedikit lumut maka airnya cenderung ke warna hijau.

Sahabat wisata alam Jogja, jika anda tertarik untuk mengunjungi air terjun kedung pedut di Kabupaten Kulon Progo, dan hanya berdua saja saat liburan ke jogja, ada baiknya sewa motor saja. Karena jalanan menuju ke air terjun kedung pedut sedikit susah. Lebih susah dari jalan di wilayah gunung kidul, tikungan lebih tajam dan tanjakan-turunan lebih curam. 

Jalan Menuju Air Tejun Kedung Pedut Kulon Progo

Perjalanan dari pusat kota jogja memakan waktu kurang lebih 1 jam melalui Jl. Godean. Setelah melewati jembatan kali progo, jalan terasa bergelombang, banyak tikungan tajam, naik turun dan kondisi jalan sempit. Kondisi jalanan seperti ini terasa lebih sulit daripada jalanan wonosari - gunung kidul.

Bagi sahabat wisata alam jogja, yang kurang lihai dalam berkendaraan, di sarankan untuk sewa mobil include driver saja untuk berkunjung ke air terjun kedung pedut Kulon Progo, atau booking paket wisata jogja.

Arah menuju ke air terjun pedut ini paling mudah memang melalui Jl. Godean. Setelah sampai di Jl. Raya Kaligesing, akan menemukan persawahan sangat luas dan indah. Setelah sampai disitu, tinggal ikuti saja sesuai dengan petunjuk arah yang sudah ada.   



Waktu Terbaik Berkunjung di Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Untuk berkunjung di salah satu Wisata Alam Jogja ini, alangkah baiknya jika berangkat pagi hari dari kota jogja, karena anda bisa mampir dulu ke wisata alam kalibiru. Atau bisa ke 2 air terjun lainnya yaitu Kembang soka dan Taman sungai Mudal.

Suasana Air Terjun Kedung Pedut

Setelah turun di parkiran, kemudian jalan kaki mengikuti jalan setapak di tengah kampung. Nanti akan disambut ramah dengan senyum yang mengembang di wajah masyarakat pribumi.

Setelah sampai di kedung pedut rasa lelah terbayar lunas sudah. Udara segar dan bebas polusi disekitar air terjun, suara gemericik air disertai ocehan burung dapat menjadi terapi untuk menyegarkan suasana hati. 

Rendamlah kaki kedalam air yang dingin dan menyegarkan untuk melepas lelah karena jalan kaki yang cukup lumayan jaraknya. 

Suasana air terjun kedung pedut seperti ini sudah syah memenuhi syarat menjadi wisata alam jogja.


Arti Kedung Pedut
Berasal dari 2 suku kata dalam bahasa jawa, yaitu:

Kedung = cekungan di aliran sungai, kadang kedung juga diartikan sebagai telaga.

Pedut/pedhut = kabut

Dikasih nama kedung pedut, Karena kemungkinan air terjun kedung pedut ini sering terselimuti kabut yang turun di sekitar air terjun diwaktu pagi hari. 

Harga Tiket Masuk dan Parkir
Tiket masuk Air terjun kedung pedut: Rp. 6.000,-
Parkir
Motor: Rp. 3.000,-
Mobil: Rp. 10.000,-


Post Terkait Dengan Wisata Alam Jogja

logoblog

No comments:

Post a Comment

Ikuti Artikel Terbaru