Bakmi Jawa Pak Nardi adalah salah Satu Idola Kuliner Malam Jogja di Jl. Sosrowijayan



bakmi jawaHallo sahabat kuliner Malam Jogja, sudahkah Anda mencicipi Bakmi Jawa?

Jika Anda menginap di sekitar Jl. Sosrowijayan, carilah Bakmi Jawa Pak Nardi untuk santapan makan malam Anda.


"Boiled Noodle" tulisan yang tertera di spanduk Bakmi Jawa milik Pak Nardi. Mungkin maksudnya adalah Bakmi Godhog atau bakmi kuah.




Bakmi Jawa Pak Nardi ini termasuk Idola sebagai kuliner malam Jogja di sepanjang Jl. Sosrowijayan - Yogyakarta. Lokasi tepatnya 10m sebelah barat seberang Grage Hotel.



Dari bentuk gerobaknya yang kecil dan terbuat dari kayu jati, melukiskan ciri khas bakmi Jawa asli Piyaman Gunung Kidul - yogyakarta.



Karena penjual bakmi jawa hampir seluruhnya berasal dari Piyaman Gunung Kidul.


Sahabat kuliner malam Jogja, kalau Anda liburan ke Jogja, dan penginapan Anda berada di sekitar malioboro, Sosrowijayan dan Jl. Dagen, bakmi Pak Nardi adalah rekomendasi untuk menu makan Anda dimalam hari.

1 porsi nasi goreng & bakmi goreng harganya Rp. 12.000,- tapi berbeda jika tambah dengan uritan (balut), paha atau ati ampela.

Pak Nardi mulai melayani konsumen sekitar jam 16:30 WIB Hingga jam 11:30WIB. Jam sibuk2nya mulai ba'da Isya' sampai jam 22:00 WIB.

bakmi jawa pak nardi
TERCIDUUUKKK.... Pak Nardi lagi ngitung keuntungan



















Pak Nardi dan adiknya Pak Sumartono mulai jualan sejak awal-awal tahun 90an. Dengan pembagian hari untuk jualan bakmi setiap 2 minggu sekali, dan itu dilakukan sampai sekarang.


Pada mulanya mereka jualan kuliner malam Jogja ini dengan cara berkeliling masuk di gang-gang terutama di wilayah Sosrowijayan wetan untuk menjajakan Bakmi Jawa. 

Namun sekarang ini sudah menetap di Jl. Sorowijayan, ya meskipun masih menggunakan gerobak dan berada di pinggir jalan, namun pelanggannya tidak berkurang, bahkan semakin bertambah saja.

Tiap malam minggu dan long weekend, bakmi milik Pak Nardi selalu dipadati pembeli dari wisatawan domestik. Bahkan kalau pas high season pada bulan Juni, Juli dan Agustus sering juga bule-bule pada beli nasi goreng dan bakmi goreng.

Oleh sebab itu di spanduk yang ditempel di gerobak bertuliskan dengan bahasa Inggris seperti "Boiled Noodle" tadi. 

Sahabat Kuliner Malam Jogja, kalau Anda beli Bakmi Jawa milik Pak Nardi ini tidak sedia minuman. Tapi jangan khawatir, karena disebelah ada warung Koboi alias Angkringan. Anda bisa memesan minuman sendiri di Angkringan Pak Kasno atau Mas Taqim.

Disebelah Angkringan ada juga Gudeg milik Mbak Yayuk, yang menggunakan ayam kampung asli.

Wah, rasanya komplit sudah komplit yah informasi mengenai Bakmi Jawa Pak Nardi dan sekitarnya. 

Selain Bakmi Jawa Milik Pak Nardi masih ada lagi beberapa Bakmi Jawa sangat di rekomendasi untuk kuliner malam Jogja Anda.  
 


Mari Kita Simak Di Bawah ini Adalah daftar Bakmi Jawa Untuk Kuliner Malam Jogja Anda 

1. Bakmi Kadin

Nama dari Kadin sebenarnya adalah singkatan dari nama Hj. Karto Kasidin, yaitu pemilik sekaligus pendiri bakmi kadin ini. Namun sekarang yang mengelola adalah Bp. Rochadi, generasi penerusnya. Warung ini sudah dibuka sejak Tahun 1947, 2 Tahun setelah Indonesia Merdeka.

Bagi yang belum pernah mencoba dan penasaran langsung saja datang, nih alamatnya Jl. Bintaran Kulon Senopati No.6, Wirogunan, Mergangsan, Wirogunan - Yogyakarta.

Kemudian Wisata Kuliner malam Jogja terdekat dari situ adalah Gudeg Permata. 
   

2. Bakmi Pele

Kalau mencari bakmi yang satu ini tidak perlu susah payah, karena tempatnya sangat mudah ditemukan. Lokasinya berada di alun-alun utara sebelah timur Keraton Yogyakarta.

Asal tanya sama orang Jogja pasti tahu deh dimana bakmi pele, pokoknya di selatan Angkringan Pendopo Lawas alun-alun utara.

Kalau ini mudah ditemukan namun susah mendapatkannya, karena butuh antrian panjang untuk bisa menikmati 1 porsi bakmi pele ini.

3. Bakmi Mbah Hadi

Warung Bakmi Jawa Mbah Hadi ini beralamat di Jl. C Simanjuntak No.1, Terban, Gondokusuman - Yogyakarta. Tepat berada di area SPBU Terban, tempatnya berada di sebelah pojok barat.

Kalau makan disini bisa sambil menikmati pemandangan kali  code dimalam hari dari atas warung bakmi Mbah Hardi.


Coba lihat gambar peta dibawah ini


bakmi jawa mbah hardi 











4. Bakmi Mbah Gito 

Tidak hanya rasanya yang enak, namun warung bakmi jawa mbah gito juga menyajikan suasana nJawani. 
 
Interior warung sangat tradisional terbuat sebagian besar dari kayu dan bambu, dindingnya pun menggunakan gedhek (anyaman terbuat dari bambu, biasanya untuk dinding rumah di jogja jaman dulu).

bakmi jawa jogja
Fotonya punya borukaro.com


lokasi warung mbah gito berada di Jl. Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun, Kotagede - Yogyakarta.

Warung bakmi jawa mbah gito ini sangat recommended lah, karena memang unik dan sangat kental dengan atmosfir Jawa. 

5. Bakmi Shibitsu 

"Shibitsu" kok bakmi jawa, ???......#$^02...... 
Eh ternyata istilah Shibitsu ini adalah plesetan dari si Bisu, grobyak!!! ealaaaah.... 
Peramu bakmi di sini memang tunawicara, namun rasa bakmi disini mampu membuat diam seribu bahasa. Tanpa kata langsung melahap tak bersela untuk berbicara. 
 
Yang berbeda dari warung bakmi jawa lainnya adalah minuman teh disajikan dengan teko kuno bermotif berwarna hijau, dan teh panasnya disedu dengan gula batu.

Sekiranya cukup banyak bakmi jawa yang ada di jogja, tapi rincian diatas cukup membuat anda bingung mana yang lebih dulu untuk dicicipi.

Karena sebenarnya masih banyak bakmi jawa yang sangat di rekomendasi, Seperti bakmi Mbah Mo, Bakmi Jawa Pak Rebo, dan Bakmi Mbah Wito. 

Nah, demikianlah laporan Bakmi Jawa Recommend untuk kuliner malam Jogja untuk Anda ketika liburan ke Jogja.


Bacaan Terkait


logoblog

No comments:

Post a Comment

Ikuti Artikel Terbaru