Asal Mula Kopi Joss Jogja, 4 Keuntungan, Hingga Gaya Hangout Anak Muda

kuliner malam jogja
image: sprudge.com
Kali ini Marman Tour akan mengulas kuliner malam Jogja, yaitu Kopi Joss jogja yang merupakan satu jenis minuman sangat unik dan khas. 
Minuman khas asli dari Jogja ini kian hari semakin terkenal dan tak habis digemari oleh masyarakat pecinta kuliner, khususnya wisata kuliner malam.
Setelah dalam sebuah acara wisata kuliner yang dibawakan Alm. Bondan Winarno di Salah satu Stasiun TV Swasta, kini kopi joss semakin mendapat tempat di hati masyarakat.

Apa sih kopi joss itu? Sampai sampainya Alm. Pak Bondan menyempatkan mencoba minuman ini.
Mungkin ada yang belum tahu apa itu kopi jos, dan penasaran dengan minuman unik khas Jogja ini.
Baiklah, dibawah ini akan kami jelaskan apa itu kopi jos

Kopi Joss Adalah…

Sesuai dengan namanya Kopi joss adalah minuman kopi
Lalu kenapa mesti ditambahi “Joss”?
Joss disini merupakan bunyi yang ditimbulkan dari bara arang sewaktu dimasukkan kedalam kopi tersebut.
Lah, kenapa harus ditambahi bara arang kedalam kopi?
Jadi begini, dari 2 poin kuliner malam Jogja diatas dapat diketahui bahwa:
1. Kopi adalah jenis minumannya, dan
2. Jos adalah bunyi yang ditimbulkan sewaktu bara arang dicelupkan dalam proses pembuatan.
Maka, dapat disimpulkan bahwa arti dari Kopi Joss adalah Sebuah minuman kopi tradisional khas jogja. Dalam proses pembuatannya di tambahkan bara arang didalam kopi, sehingga menimbulkan bunyi "Jos" sewaktu bara dimasukkan dalam kopi.
Arang yang digunakan untuk men”Jos”kan minuman kopi ini terbuat dari kayu pohon asem atau kayu yang memiliki kualitas sama. Namun hanya Arang dari Kayu Pohon Asem lah yang dapat menambah aroma dan rasa yang khas pada kopi.
Selain itu Arang dari kayu pohon asem juga dapat menyimpan panas dengan baik. 

Karena terkadang pembuatan kopi yang menggunakan air kurang panas, dapat dipastikan serpihan biji kopi mengapung di permukaan.


Dengan di “Jos” menggunakan bara arang kayu asem, kopi matang dengan sempurna dan serpihan biji kopi yang mengapung akan mengendap dibawah.  
Dengan demikian, rasa kopi jadi lebih nikmat dan memiliki aroma khas.
Akan sangat berbeda jika Arang yang digunakan bukan dari bara arang kayu asem.
Berdasarkan pengalaman tim Marman Tour saat jalan jalan untuk kuliner malam Jogja, pernah mencoba dan merasakan perbedaan antara kopi joss menggunakan bara arang Kayu pohon asem dan kopi joss hanya menggunakan bara arang kayu biasa.
Rasa kopi yang di jos dengan menggunakan bara arang kayu asem jauh lebih nikmat dibanding dengan kopi yang di jos dengan bara arang kayu biasa.

Nah, begitulah penjelasan singkat mengenai Kopi Joss Jogja.


Asal Mula Kopi Joss

Sahabat kuliner malam Jogja, untuk selanjutnya kita bahas dari mana kopi joss jogja ini.
Sebenarnya tidak diketahui mulai dari Tahun berapa Kopi Joss ini pertama kali dibuat dan oleh siapa.
Hanya ada sumber yang diketahui, Menurut keterangan dari Pimpinan Marman Tour, bahwa : "dulu “mbah” (kakek/nenek) kalau buat kopi dan airnya kurang panas, pasti di jos menggunakan bara lalu ditutup sampai serpihan biji kopi yang mengapung turun dan mengendap di bawah"
Sayang tidak dijelaskan usia nya berapa, yang jelas cuma sebelum Proklamasi, karena usia Pimpinan Marman Tour sekitar 50an Tahun.
Nah, dulu masyarakat di jogja selalu memilih arang dari kayu asem untuk digunakan sebagai bahan bakar memasak.
Karena Arang dari kayu asem mampu menyimpan panas dengan baik dan menghasilkan masakan yang sempurna.
Terbukti hingga sekarang dimanapun berada, warung Bakmi Jawa dipastikan menggunakan Arang sebagai bahan bakar untuk masak dengan tungku terbuat dari tanah liat yang disebut anglo.
Hmmm….
Kembali ke Kopi Joss….
kuliner malam jogja
image: sprudge.com

Angkringan Lik Man adalah pioneer Kuliner Malam Jogja Spesial Kopi Joss

Dulunya berasal dari sebuah warung berkonsep Angkringan yang diawali oleh Lik Man.
Angkringan Lik Man ini berdiri sejak tahun Tahun 1950an, Namun yang mengawali buka adalah Ayah dari Lik Man yang bernama Mbah Pairo.
Kemudian di Tahun 1969 Angkringan ini di wariskan oleh Siswo Raharjo yaitu nama asli dari Lik Man.
Warung dengan konsep angkringan ini sejak awal buka sampai sekarang berlokasi di Jl. Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Yogyakarta, Tepat di sebelah utara staisun tugu Jogja.

Awal Kopi Joss Jadi Menu Minuman Spesial di Angkringan Lik Man

Cerita ini didapat dari Adik Lik Man yang bernama Aleks yang disampaikan kepada merahputih.com 
Kisah awal menu spesial kopi jos Berawal dari Tahun 1980an.
Karena posisi angkringan yang berada di dekat stasiun kereta, secara otomatis pelanggannya banyak dari pekerja sebagai masinis dan mekanik yang secara kebetulan berasal dari Jawa Timur.

Karena pada waktu itu, kemana lagi mereka harus cari kuliner malam Jogja kalau bukan selain di Angkringan Lik Man.
Permintaan spesial mereka adalah untuk dibuatkan kopi kothok.
Kopi kothok adalah kopi khas dari jawa timur yang cara pembuatannya merebus langsung biji kopi bersamaan dengan gula.
Karena permintaan pelanggan tersebut tidak dapat dipenuhi, dikarenakan kesulitan mendapat biji kopi yang pada Tahun-tahun itu biji kopi tidak mudah didapat seperti sekarang ini.
Lalu Lik Man menggantikan permintaan kopi kothok tersebut dengan menyajikan kopi joss.
Jika merujuk dari subheading sebelumnya "Asal Mula Kopi Joss", disitu disebutkan Mbah dari pimpinan Marman Tour membuat kopi joss dikarenakan air yang digunakan menyeduh kopi kurang panas.
Lalu memasukkan bara kedalam kopi agar kopinya matang dengan sempurna dan tidak ada serpihan kopi yang mengapung.
Tentu saja Lik Man sudah mengetahui teknik pembuatan Kopi Jos ini.
Beliau tidak serta merta mendadak seketika itu ada ide memasukkan bara ke dalam gelas kopi.

Angkringan kopi joss Jadi gaya Hangout anak muda 

Kebiasaan Anak Muda yang selalu begadang dan mencari kuliner malam di Jogja sambil hangout dengan sahabat maupun pacar. Kemudian update status di sosmed yang disertakan foto selfie dan share location.

Lama kelamaan angkringan kopi joss Lik Man jadi terkenal akibat dari status mereka.

Maka seiring berjalannya waktu, Angkringan kopi jos ini menjamur sampai berderet deret di sepanjang jalan dan sebelah kanan kirinya angkringan lik Man.

Sampai-sampai pembeli rela duduk di trotoar jalan menggunakan tikar yang beratapkan langit alias misbar kalau gerimis bubar. Hehehe :D ;D  ;D

Lihat saja foto di bawah ini!
kuliner malam jogja



Dulu, penggemar jajanan Angkringan hanya bisa disematkan kepada masyarakat level bawah dan buruh saja. Tapi sekarang ini trend tersebut telah berubah, kini penggemar amgkringan sebagian besar dari mereka adalah anak muda.
Paradigma yang dulu tersemat angkringan sebagai tempat jajanan masyarakat bawah dan tempat berkumpul untuk membicarakan topik keadaan ekonomi sehari-hari, kuliner murah Jogja yang satu ini kini sudah beralih jadi gaya Hangout anak muda. Topik yang dibicarakan juga sudah berbeda, mereka bebicara mengenai hal hal modern seperti game, pendidikan, hobi, bisnis, informasi terbaru dan gadget yang digenggampun bukanlah merk gadget murahan.
Dengan begitu, secara otomatis menu yang disajikan pun juga menyesuaikan dengan penggemar yang sebagian besar anak muda.
Menu yang semula sederhana kini jauh lebih bervariasi.

Kopi Joss memiliki manfaat kesehatan?
Sampai sekarang ini belum ada penelitian secara medis yang menyatakan bahwa kopi jos bermanfaat untuk kesehatan, seperti apa yang telah dipercaya oleh sebagian masyarakat bahwa kopi jos dapat mengatasi masuk angin.
Dilansir dari kompasiana.com: Hanya saja Arang yang dipanaskan hingga suhu 250 derajat, dapat berubah menjadi karbon aktif yang dapat mengikat racun dalam tubuh. Dan karbon aktif yang merupakan reaksi kelanjutan dari arang sudah sangat dikenal di dunia kesehatan sebagai obat alami yang sangat ampuh.

4 Keuntungan Dari Kopi Joss

Menurut Sudut Pandang Marman Tour efek samping Kopi Joss dapat memberikan 4 keuntungan selaku kuliner malam Jogja, keuntungan tersebut akan diuraikan di bawah ini:

1. Kopi Joss sebagai daya tarik pariwisata

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa kota Yogyakarta merupakan kota tujuan wisata. Syarat untuk menjadi tujuan wisata salah satunya adalah kuliner khas dari suatu tempat atau daerah.
Yogyakarta atau lebih dikenal dengan nama Jogja sudah sangat melampau syarat tersebut.

Pasalnya, kuliner khas jogja sangat banyak sekali salah satunya adalah kuliner malam Jogja, yaitu angkringan dengan sajian minuman kopi joss.
Dengan keunikan minuman khas ini akan membuat wisatawan semakin penasaran dan tertarik untuk mencoba.
Lagipula lokasinya sangat strategis, yaitu masih berada dikawasan malioboro sehingga memudahkan wisatawan untuk mencapai tempat ini.

2. Kopi Joss membuka peluang usaha

Dulu berawal dari 1, angkringan kopi jos milik Lik Man.

Tapi, kini sudah banyak sekali usaha yang sama di samping kanan kiri, bahkan di seberang timur jalan Mangkubumi dengan usaha yang sama persis, dan semuanya laris manis.

3. Kopi Joss menciptakan lapangan kerja

Dengan semakin membludaknya penggemar, pemilik usaha angkringan pasti keteteran melayani penggemar tersebut.
Maka, diperlukan tambahan orang untuk membantu agar pelanggan dapat tercover dengan baik.

Tidak perlu kemampuan khusus dan pendidikan tinggi untuk menjadi pekerja, yang diperlukan adalah cekatan dan ramah terhadap pelanggan.

4. Kopi Joss memberikan keuntungan jasa parkir

Dengan angkringan yang semakin dipadati oleh pelanggan, maka efek baiknya buat jasa parkir adalah semakin banyaknya kendaraan yang dititipkan maka penghasilan mereka akan semakin banyak pula.
Setiap malam minggu, bahkan long weekend untuk mencari tempat parkir sewaktu mau jajan disini pasti kesulitan untuk mencari tempat parkir.
Sepertinya semua tempat telah dipenuhi oleh kendaraan.
Sahabat kuliner malam Jogja, tetap sehat dan tetap semangat ya....  biar bisa jalan jalan dan menikmati kuliner jogja lagi.



Bacaan Terkait:


logoblog

No comments:

Post a Comment

Ikuti Artikel Terbaru