Pantai Baron Pionir Wisata Gunung Kidul Dan Kuliner Pantai Pertama Di Jogja


pantai baron
foto: infojogja id
Pantai Baron Gunung Kidul-Jogja, adalah Pionir atau perintis yang mengawali dibukanya wisata-wisata lainnya di Gunung Kidul. Pantai Baron juga merupakan perintis untuk kuliner pantai spesialis seafood.

Faktor yang sangat mendukung salah satu wisata pantai jogja ini untuk menjadi kuliner pantai spesialis seafood adalah dikarenakan banyaknya penduduk yang berprofesi sebagai nelayan.
Alhasil, dengan banyaknya nelayan, maka banyak pula hasil laut berupa ikan, udang, cumi dan lainnya.
Pada awalnya ikan, udang dan teman-temannya hanya di lelang di TPI yang ada di Pantai Baron. 

Namun, karena banyaknya wisatawan yang berkunjung, akhirnya sebagian ikan ini dijual langsung kepada pengunjung dan dimasak di warung-warung yang ada di sekitar Pantai Baron.  
Proses ini sudah berjalan cukup lama, seingat saya waktu pertama kali ke Pantai Baron sewaktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Kira kira antara Tahun 1989 – Tahun 1991, itu pun sudah sangat ramai dengan transaksi jual beli antara wisatawan dengan nelayan.
Artinya, jika di Tahun itu sudah ramai dan banyak warung seafood, tentu saja objek wisata pantai jogja ini sudah lama dibuka sebelum tahun itu.
Sangat berbeda dengan Pantai Depok yang ada di Kabupaten Bantul, ini tergolong baru untuk kuliner jogja di pantai, karena baru diresmikan pada Tahun 2009.
Sedang menurut Pak Wawan, ketua POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) Gunung Kidul, yang pernah saya temui di Warung nya, bahwa Pantai Baron ini sudah beroperasi untuk menjadi objek wisata diperkirakan sejak tahun 1930an.
Cukup masuk akal kan jika judul diatas adalah “Pantai Baron Pionir Wisata Gunung Kidul Dan Kuliner Pantai Pertama Di Jogja”
Hmmm…….
Mungkin ini ada hubungannya dengan cerita sejarah tentang asal usul sebuah nama “Baron” untuk Pantai ini.

Sejarah Pantai Baron

Pantai Baron memiliki sejarah yang bisa dikatakan sedikit simpang siur, karena orang yang diambil namanya untuk nama wisata Pantai Jogja ini tidak jelas dari mana asalnya.
Ada yang mengatakan bahwa orang ini berasal dari Belanda dan Portugal.

Bahkan ada juga yang mengatakan asalnya dari Spanyol.
Namun, yang jelas hanya ada satu nama yaitu Baron Skeber, Dia lah orang yang pertama kali berhasil berlabuh di Pantai Baron.
Mungkin karena bentuk Pantai Baron adalah teluk, dengan tebing menjulang tinggi di kanan dan kiri, maka ganasnya ombak laut selatan dapat teredam.
Sehingga Pantai ini merupakan tempat sangat pas buat menyusup dengan kapal kecil. Lagipula jika mengingat masa itu, tempat ini sangat strategis dan nyaman untuk persembunyian.
Cerita sejarah ini lah yang berkembang, dari nama Baron Skeber lah kemudian Pantai ini mendapat gelar dengan nama "Pantai Baron"

Keunikan Pantai Baron

Selain keindahan, Pantai Baron memiliki beberapa keunikan tersendiri. Keunikan tersebut akan dijabarkan dibawah ini:
1. Adanya Sungai Di Pantai Baron
Sungai air tawar yang berasal dari goa bawah tanah di sebelah kanan Pantai Baron, adalah yang pertama menjadi keunikan dan cirikhas. 

Keberadaan sungai ini sangat langka, dan sampai saat ini, hanya baru ditemukan di salah satu wisata Pantai Jogja ini saja.
sungai di pantai baron
foto: Fery Prasetyo H (sungai bawah tanah di pantai baron muncul dari sini)
Letak sungai tersebut berada di sebelah barat bibir pantai, kemudian mengalir menyisir di tepian batu karang di bawah tebing. 

Aliran sungai di Pantai Baron ini cukup deras, maka berhati-hatilah jika mandi, karena sudah sering kejadian orang hanyut saat sedang mandi.
sungai di pantai baron
di ujung itulah aliran sungai bawah tanah mengalir ke kiri menyisir batu karang 

2. Warna Pasir Pantai Baron
Sangat berbeda dengan pasir pantai di Kabupaten gunung Kidul lainnya, yang semuanya berwarna putih. Akan tetapi warna pasir di Pantai Baron berwarna coklat kehitaman. 
Warna pasir seperti ini dipengaruhi oleh endapan sungai yang bercampur dengan pasir Pantai Baron.
3. Nama Baron
Berbeda dengan nama-nama objek wisata pantai jogja lainnya, yang dinamakan dengan istilah lokal, seperti Pantai Indrayanti, Wediombo, Sadranan dll.
Akan tetapi Baron adalah nama yang kebarat-baratan, karena jika menengok sejarah yang telah dijelaskan diatas, memang diambil dari nama orang berkebangsaan Eropa.
4. Souvenir Dari Cangkang Kerang
Segala macam aksesoris cantik dan menarik, semuanya dijual di pantai ini.
Mulai dari gantungan kunci, bros, hiasan dinding, hiasan meja, hiasan lampu, tempat tissue, bahkan tirai yang semuanya terbuat dari cangkang kerang ada di Pantai Baron.
keunikan pantai baron
foto: kompas travel fair
Harganya pun bervariatif, mulai dari ribuan, puluhan ribu, hingga ratusan ribu.

Souvenir ini biasanya dibeli oleh pengunjung untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Pantai Baron.
keunikan pantai baron
foto: proleevo

Kuliner Di Pantai Baron

Sesuai dengan judul di atas, Pantai Baron merupakan kuliner pantai pertama di Jogja. 
kuliner di pantai baron
foto: soebratha wordpress com
Meskipun sekarang ini sudah banyak sekali kuliner pantai di Jogja, But “Baron Beach is the pioneer”
Berbeda dengan yang dulu, sekarang ini warung-warung dan kios-kios souvenir sudah tertata dengan rapi dan bersih.
kuliner di pantai baron
foto: jarangpanas com
Banyak sekali warung berderet-deret di sebelah timur dan barat, yang semuanya menyajikan menu seafood. Tinggal pilih salah satu warung untuk menikmati lezatnya ikan bakar, udang saos tiram atau cumi goreng tepung.
Atau boleh juga belanja sendiri ikan, cumi, udang, lobster, maupun kepiting di pasar ikannya Pantai Baron, lalu dimasak di warung-warung tersebut. Karena dengan beli sendiri Anda bisa memilih dan memilah seberapa besar dan tentu saja bisa memilih ikan yang masih segar
Sedikit tips, pilihlah ikan dengan mata yang bening, insang berwarna merah segar dan daging ikan padat, ini adalah ciri ikan yang masih segar.
kuliner di pantai baron
foto: erlin jalan jalan
Sebenarnya ada tempat rekomendasi untuk kuliner di Pantai Baron, namun tempatnya terletak setelah retribusi pintu masuk dan agak jauh dari pantai, namanya adalah Kampoeng Baron Art Resort Restaurant.
Sedikit cerita tentang murahnya ikan goreng di masa lalu, ini pengalaman pada Tahun 1996 dulu.
Di Pantai Baron, dulu ada daging ikan yang sudah digoreng dan dijualnya dengan cara kiloan. Biasanya daging ikan ini adalah ikan sejenis tuna sirip kuning, ikan pari, hiu, kerapu dan kakap batu yang berukuran besar.
Ikan ini dipotong-potong dengan ukuran sebesar 3 jari orang dewasa dan dijual sudah dalam keadaan matang dengan digoreng.

pantai baron
foto: armulagumay
Waktu itu saya dan teman-teman SMA ke Pantai Baron, lalu beberapa teman membeli ikan tersebut dengan cara memberikan uang Rp. 3000,- sampai Rp. 5.000,- /orang kepada penjual ikan. Lalu penjual menimbang ikan yang sudah digoreng, tidak tahu persisnya dapat berapa ons atau kilo. Yang jelas setiap uang yang diberikan dari kami digantikan dengan ikan sebanyak 1 tas kresek 1 kiloan.
"Memang benar masa-masa paling murah adalah masa masa SMA"

Mercusuar Pantai Baron

Sahabat wisata Pantai Jogja, Pantai Baron memiliki Mercusuar dan bisa dikunjungi. 

Mercusuar ini berada di tebing sebelah timur, kalau dari pantainya tinggal naik melalui jalan setapak dan mudah dilewati.
mercusuar pantai baron
foto: kota jogja com

mercusuar pantai baron
foto: unique - chantika com
Cobalah naik sampai di atas Mercusuar ini, karena view dari atas Mercusuar pemandangannya sangat indah. Kita bisa melihat bukit-bukit nan hijau di sekitar kanan kiri dan Pantai Baron jadi kelihatan sangat mungil.
Untuk biaya masuk Marcusuar sebenarnya geratis, tapi berbaik hatilah dengan memberikan sedikit uang sebesar Rp. 10.000 buat yang jaga untuk beli kopi dan gula sebagai teman jaga malam mereka.
   

Lokasi Pantai Baron

Mungkin dari beberapa sahabat wisata Pantai Jogja ada yang belum tahu mengenai lokasi Pantai Baron. Karena akhir-akhir ini yang sedang booming dari wisata pantai jogja adalah Indrayanti dan Sadranan.
Pantai Baron terletak di Kemadang, Tanjungsari, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul-Jogja.
Untuk petanya bisa googling di map rute pantai baron
Kalau masih bingung dengan jalan arah ke pantai baron, atau terlalu capek untuk berkendara sendiri karena perjalanan cukup panjang, ada baiknya booking paket wisata jogja saja.

Tiket Masuk Pantai Baron

Harga tiket masuk Pantai Baron cukup murah, yaitu sebesar Rp. 10.000.- saja dan bisa digunakan untuk tiket terusan ke Pantai Kukup, Krakal dan Sundak.
Jam operasionalnya 24 Jam, kalau malam hari, biasanya ada beberapa teman dari pemancing.

Sedangkan kalau weekend ada beberapa anak muda camping di sekitar Pantai.

Fasilitas Pantai Baron

Seiring berjalannya waktu, fasilitas di Pantai Baron semakin baik. Terbukti dari tertatanya secara rapi antara kios Souvenir dan Warung. 

Pembagiannya, kios Souvenir berada di tengah, sendangkan warung berada di tepi barat dan timur, untuk pasar ikannya berada di depan TPI.
Toilet yang dulunya kumuh dan bau pesing, sekarang sudah bersih dan dikelola dengan baik. Air tawarnya guna kebersihan toilet kini melimpah ruah yang berasal dari sumur bor disekitar pantai.

Hotel Di Pantai Baron

Sudah ada beberapa Hotel di pantai Baron, dan ada tiga Hotel yang lokasinya sangat dekat dengan pantai.

Ketiga Hotel di Pantai Baron tersebut diantaranya:
1. Homestay Baron Sari, Contact: 0812-2550-3015
2. Hotel Bintang Baron, Contact: 0812-2970-8090
3. Penginapan Baronsari
Untuk rekomendasi sebaiknya pilih yang no. 1 yaitu Homestay Baron Sari


Baca Juga



logoblog

No comments:

Post a Comment

Ikuti Artikel Terbaru