Pantai Indrayanti Populer Dikarenakan 6 Faktor Ini

pantai indrayanti
foto : tabloitwisata dot com
Pantai Indrayanti adalah pantai berpasir putih yang di kanan - kirinya dibatasi oleh tebing batuan kapur seperti layaknya cirikhas pantai lainnya yang dimiliki oleh kabupaten Gunung Kidul - Jogja.

Kabupaten Gunung Kidul sendiri memiliki banyak sekali Pantai berpasir putih, bahkan jumlahnya mungkin bisa mencapai ratusan. 
Sebagian sudah sangat terkenal bagi wisatawan, salah satunya Pantai Indrayanti ini dan sebagian lagi masih belum terexplorasi, itu pun termasuk yang bertebing-tebing batuan kapur dan memiliki view point sunset dan sunrise. 
Seperti halnya Bukit Pengilon untuk Sunrise Point dan yang termasuk salah satu wisata baru di Jogja ini yaitu di Tebing Pantai Nguluran untuk Sunset point.

lokasi Pantai Indrayanti

Lokasi Pantai Indrayanti berada di deretan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya, dimulai dari paling barat yaitu Pantai Sadranan - Pantai Ngandong - Pantai Sundak, setelah itu baru Pantai Indrayanti, dan disebelah timurnya ada Pantai Pok Tunggal. 
Untuk alamat lengkapnya, tepat berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus Jl. Trenggale Watuwalang, Kabupaten Gunung Kidul-Jogja.

Pantai ini memanjang dan berada di pinggir jalan aspal, jadi aksesnya sangat mudah dan dekat.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat melalui peta dibawah ini!

Peta Pantai Indrayanti

pantai indrayanti


Sejarah Pantai Indrayanti

Indrayanti, sebenarnya bukanlah nama asli pantai ini, namun nama asli yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul adalah Pantai Pulang Sawal. 
Sedangkan nama Indrayanti sebenarnya adalah nama Restaurant yang ada di Pantai Pulang Sawal. 

pantai indrayanti

Entah kenapa nama Indrayanti jadi lebih terkenal dibandingkan dengan nama aslinya. 
Padahal kalau dilihat dari keunikan nama, kedua nama antara Pulang Sawal dan Indrayanti pun cukup unik.
Kemungkinan bisa juga karena restaurant ini sangat favorit bagi wisatawan yang berkunjung, jadi sewaktu pulang yang di ceritakan adalah nama Indrayanti. 
Atau mungkin juga foto yang diupload di sosial media pas di depan restaurant Indrayanti dengan background pemandangan pantai Pulang Sawal yang Indah. Sehingga yang diingat dan persepsi yang ada di masyarakat adalah nama Indrayanti daripada nama aslinya yaitu Pulang Sawal. 
Setiap hari sabtu dan minggu, biasanya Pantai Indrayanti ini jumlah pengunjungnya akan meningkat. Apalagi jika long Weekend atau liburan Hari Raya, dapat dipastikan akan sangat padat. 

Mitos Pantai Indrayanti

Seperti kebanyakan mitos-mitos pantai selatan lainnya, mitos pantai Indrayanti ini juga sering dihubungkan dengan Nyi Roro Kidul. Karena, menurut yang percaya penguasa Pantai Selatan adalah Nyi Roro Kidul.

Tapi, sebenarnya penguasa Pantai Selatan adalah Allah SWT dan saya sangat percaya itu, karena Dialah pencipta seluruh Semesta Alam dan seisinya.
   

Jalan Menuju Pantai Indrayanti

Sahabat wisata Pantai Jogja, bagi Anda yang berkeinginan untuk berkunjung ke Pantai Indrayanti, jalan paling mudah adalah mulai dari Kota Yogyakarta. Itu pun dapat dicapai dengan melalui jalan 2 arah, antara arah timur dan arah selatan. 
Jalan Menuju Pantai Indrayanti Dari Arah Timur
Agar lebih mudah, langsung saja start point-nya dari titik nol Km. Malioboro (kantor pos) langsung kearah timur melalui Jl. Panembahan Senopati – Jl. Raya Jogja – Jl. Kusumanegara, setelah melewati kebun binatang Gembiraloka ada perempatan-terus belok kanan melalui Jl. Gedong Kuning. Setelah PLN Gedong Kuning  ada perempatan ambil arah kiri melalui Jl. Wonosari, lurus saja kearah timur dan ikuti petunjuk jalan, karena disepanjang perempatan dan pertigaan Jl. Wonosari terlihat jelas arah petunjuk jalan menuju ke Pantai Indrayanti
Untuk semakin mempermudah lagi klick => google map ini!

Jalan Menuju Pantai Indrayanti Dari Arah Selatan
Jalan yang kedua ini juga dimulai dari Kantor Pos Besar Yogyakarta. 

Route:
Kantor Pos Besar Yogyakarta ke Timur sampai di perempatan Gondomanan belok kanan sampai di perempatan Pojok Beteng Wetan ambil arah kekiri. Kemudian ketemu pertigaan yang sebelah kanan jalan ada Toko Cat ambil arah kanan melalui Jl. Sisingamangaraja => Jl. Imogiri Barat. Setelah sampai di Pasar Bakulan, ada pertigaan belok kekiri melalui Jl. Bakulan Imogiri, setelah jembatan ada pertigaan belok kekanan melalui Jl. Imogiri Siluk => Jl. Siluk Panggang => Jl. Raya Panggang Wonosari => Jl. Pantai Selatan Jawa. 

Setelah itu tinggal ikuti petunjuk arah yang ada disetiap persimpangan atau disetiap pertigaan. Petunjuk arah jalan menuju Pantai Indrayanti ada sejak memasuki Jl. Raya Panggang Wonosari. 

Kalau tetap bingung tinggal klick aja link google map ini!

Atau ada cara paling mudah lagi, yaitu sewa mobil include driver atau booking paket wisata jogja

Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Setelah melalui perjalanan cukup Panjang yang memakan waktu kurang lebih 2 jam, sampailah di pintu masuk pantai Indrayanti. 
Sahabat wisata pantai Jogja, jangan lupa untuk bayar tiket masuknya yah…
  • Tiket Masuk           Rp. 10.000,- (termasuk tiket terusan pantai terdekat)
  • Parkir Roda 2         Rp. 4.000,-
  • Parkir Roda 4         Rp. 15.000,-
Cukup terjangkau kan? Dan tidak perlu merogoh kantong cukup dalam buat bayar tiket masuk dan parkir kendaraan.

6 Faktor Pendukung Pantai Indrayanti Populer

Beberapa faktor pendukung Pantai Indrayanti menjadi salah satu destinasi wisata Pantai Jogja yang sangat populer, diantaranya adalah:
1. Panorama Pantai Indrayanti
Keindahan Pantai Indrayanti sudah tidak diragukan lagi, garis pantai yang cukup Panjang terbentang dengan butiran pasir putih bersih dipadu dengan birunya air laut yang memanjakan mata untuk melihat dan tak pernah jemu.


pantai indrayanti
foto : piknikdong dot com

2. Jarak Tempat Parkir Dekat
Seperti telah disebutkan diatas, bahwa jarak antara tempat parkir dengan pantai sangat dekat. Secara, jalan aspal menyisir berada di pinggiran pantai Indrayanti, jadi akses jalannya sangat – teramat dekat dan mudah.
3. Bersih
Karena pengelolaan Pantai Indrayanti melibatkan dengan pihak swasta, maka diberlakukannya denda bagi oknum yang membuang sampah sembarangan sebesar Rp. 10.000,- /sampah.
Coba dihitung saja, jika anda membuang punting rokok sembarangan 5 kali, maka 5 x Rp. 10.000,- = Rp. 50.000,-. Hilang sudah segarnya kenikmatan 2 kelapa muda dikarenakan anda membuang punting rokok sembarangan.
4. Tersedia Persewaan Gazebo & Payung Pantai
Untuk berteduh dari sengatan matahari, sudah disediakan sewa Gazebo & Payung Pantai dengan biaya :
  • Sewa Gazebo                  Rp. 30.000,-
  • Sewa Payung Pantai        Rp. 20.000,-
Namun ada sebagian Gazebo dan Payung Pantai adalah properti dan fasilitas milik Resto n Cafe 
5. Terdapat Banyak Resto & Café
pantai indrayanti
Fotonya Senorita Marcella
Bagi sahabat wisata Pantai Jogja yang merasa perutnya keroncongan karena lapar tapi tidak membawa bekal makanan, dapat memesan makanan di salah satu restaurant atau cafe. Banyak sekali terdapat resataurant maupun café yang berjajar di pinggir pantai, anda tinggal pilih satu dan menu seafood favorit untuk makan siang Anda sambil menikmati suasana indahnya Pantai Indrayanti.


pantai indrayanti
foto : Majid Albana

6. Penginapan Pantai Indrayanti

Selain fasilitas yang telah dideskripsikan di atas, terdapat juga banyak penginapan yang sangat layak di pinggir Pantai, di bawah ini adalah list penginapan di sekitar Pantai Indrayanti:
Recommended penginapan
- Walet Guest House (contact : 082 138 065 501)
- Joglo Watu Kelir (Contact 0819-0404-4481 & 0823-2737-7377)
- Griya Pesisir (Contact : 081 328 005 731)
- Rock Garden Homestay n Resto (Contact : 082 225 317 339)
- Griya Kusuma Bamboo Legkung (Contact : 081 326 371 994)
Diatas adalah beberapa penginapan recommended, namun dengan harga yang mungkin sedikit mahal. Tapi masih ada beberapa penginapan Pantai Indrayanti lainnya dengan harga lebih rendah yang bisa Anda temukan sendiri di Sekitar Pantai.

Tips 
Berhati hatilah dengan ombak di sepanjang pantai selatan. 

Logikanya begini, pantai selatan pulau jawa itu langsung berhubungan dengan Samudra Hindia, lautan berskala massive. Karakter ombaknya sangat susah diprediksi dan memiliki kekuatan hantaman sangat besar dan daya hisap kembalinya sangat kuat pula. 

Sedangkan karang di dasar sangat tajam dan banyak palung atau goa di dasar laut.

Jika seseorang terhisap ombak dan dibawa sampai ke tengah, lalu dihantam ombak yang datang, maka akan tergulung ke bawah. Yang dikhawatirkan kalau sampai menghantam tajamnya karang bahkan terjebak di dalam goa dasar laut.

Sedangkan kalau korban menggunakan baju berwarna hijau, Tim Sar akan sangat kesulitan menemukan karena samar dengan warna biru laut.

Situasi seperti ini yang harus dipahami oleh sahabat wisata Pantai Jogja semua, yang terkadang lupa keasikan mainan air sampai ke tengah.

Sahabat pelaku wisata, sebaiknya sama-sama mengingatkan kepada wisatawan agar banyak-banyaklah mencari pengetahuan tentang objek wisata dimanapun berada dan selalu berhati-hati. Jangan terlalu percaya dengan mitos, karena mitos untuk mencegah orang-orang ngeyel yang kurang ilmu pengetahuan.


Baca Juga
logoblog

No comments:

Post a Comment

Ikuti Artikel Terbaru