Puncak Becici Buat Obama Sudi Mampir & 5 Hal Yang Bisa Dilakukan


puncak becici
foto: foto bisnis com
Puncak Becici yang merupakan salah satu dari sekian banyak hutan pinus di Jogja, memiliki keindahan yang tidak diragukan lagi. Bahkan pesona pemandangannya mampu membuat Mantan Presiden AS Barack Obama untuk menyempatkan berkunjung.

Pada Hari Kamis 29 Juni Tahun 2017 lalu, Obama dan keluarganya menyempatkan datang untuk menikmati pesona dan kesejukan pemandangan yang ada di Puncak Becici.  
Ketika cuaca cerah, pemandangan gardu pandang memang sangat mempesona. 2 Gunung yaitu Merapi dan Merbabu dapat terlihat sangat jelas, bahkan guratan-guratan garis antara lembah dan tebing kelihatan. Ketika senja, gardu pandang ini juga dapat dijadikan sebagai sunset view point.
Hutan pinus yang terletak di Desa Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul ini sebenarnya masih dikelola oleh Dinas Kehutanan & Perkebunan DIY. Namun oleh warga di sekitar dijadikan sebuah objek wisata karena pemandangannya yang aduhai. Selain itu, jika dijadikan sebagai objek wisata alam jogja efeknya langsung pada perekonomian terhadap warga sekitar.
Seperti mencontoh pada Hutan Pinus Mangunan, disamping manfaatnya menjaga ekosistim, dan produksi oksigen, hutan pinus juga sebagai urat nadi perekonomian rakyat di bidang wisata terhadap rakyat.
Sebenarnya, tanaman pinus di hutan ini, getahnya diambil untuk bahan dasar pembuatan cairan terpentin. Akan tetapi dikarenakan pemandangannya sangat indah terlebih lagi jika dilihat dari titik peaknya. Dan peak inilah yang dinamakan dengan Puncak Becici.

Sejarah Puncak Becici

Asal Usul Nama Becici
puncak becici
foto: dubidu
Nama Becici diambil dari gabungan dua kata, yaitu Ambeng yang artinya adalah berdiam diri dan kata Suci. Nama ini masih ada hubungannya dengan sebuah makam yang ada di sini. 
Menurut cerita di masyarakat sekitar, bahwa dulu kala ada seorang yang suci berdiam diri di dalam hutan ini. Orang tersebut berpesan jika nantinya meninggal agar disemayamkan di bukit. 
Oleh karena itu, ketika anda berkunjung di Puncak Becici maka akan menemukan sebuah makam ketika perjalanan anda menuju ke gardu pandang.




Proses Puncak Becici Dari Hutan Jadi Objek Wisata Alam 

Berawal dari 5 orang saja yang berusaha dengan gigih dan penuh keikhlasan menggarap dan mengelola untuk dijadikan objek wisata.
Selama 8 Bulan mereka ber lima hanya kerja bakti, karena akses jalan untuk menuju ke Puncak becici hanya jalan setapak saja. Yah, harus bersabar, dan penuh perjuangan. Sedangkan subsidi masih harus menunggu berbulan-bulan lamanya. Namun mereka optimis, karena view di Puncak Becici sangat Indah dan dipastikan jika sudah promosi maka pengunjung pasti banyak.
Setelah akses jalan sudah membaik, dan gardu pandang bisa digunakan, mereka rajin-rajin mengupload foto-foto di media sosial. Dan ternyata sistim promosi ini berhasil, mulailah wisatawan berbondong-bondong berkunjung, yang tadinya hanya orang-orang sekitar Jogja saja, kini semakin meluas. Yang dari luar kota bahkan dari luar pulau pun juga sudah berkunjung.
Menurut keterangan Sugandi : "Dulu sebelum Puncak Becici menjadi sangat terkenal seperti sekarang ini, banyak yang menghina dan underestimate jika hutan pinus ini dijadikan sebuah objek wisata alam Jogja"
Keterangan tersebut didapat dari Sugandi (salah satu operator Puncak Becici) saat ditemui detiktravel. 

5 Hal Yang Bisa Dilakukan Di Puncak Becici

1. Menikmati Sunset Puncak Becici

Salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di jogja adalah Puncak Becici ini. Dari gardu pandang yang terbuat dari kayu, kita dapat melihat pemandangan yang membentang dari utara, barat hingga ke selatan.
puncak becici

Dikatakan salah satu spot sunset terbaik, karena ketika senja, mata kita akan dimanjakan dengan warna gradasi langit yang berakhir pada horizon dari utara, barat dan selatan.
Dari utara kita bisa lihat keindahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu ketika senja yang terlihat samar dan dipadukan dengan warna oranye. Di arah Barat dapat menyaksikan peristiwa tenggelamnya sang surya hingga twilight langit setelahnya.
2. Santai Di Hammock
Wilayah hutan pinus di punck becici lumayan luas, jika berjalan dari tempat parkir sampai di gardu pandangnya cukup melelahkan. 
Nah, ditengah-tengah perjalanan ada fasilitas hammock untuk beristirahat dan nyantai sambil berfoto. Lumayanlah istirahat sebentar sambil menghirup segar dan sejuknya udara di bawah pepohonan pinus yang rindang.
puncak becici
foto: puncakbecici blog

3. Outbound
Puncak Becici merupakan daerah yang layak untuk aktivitas outbound. Maka, di tempat ini sudah sering kali dijadikan sebagai aktivitas outbound terutama dari anak-anak sekolah. Materi yang diberikan tentu saja mengenai yang berhubungan dengan alam, seperti mengenal alam, menghargai dan menghormati serta menjaga alam agar lebih lestari.  
Disamping untuk ountbound disediakan juga camping ground, karena memang wilayah hutan pinus di sini luas, maka tidak kesulitan untuk menyediakan tempat untuk camping.
puncak becici
foto: puncakbecici blog

4. Foto Selfie di Gardu Pandang  
Seperti halnya aktifitas yang ada di Kalibiru Jogja, kegiatan yang dilakukan di atas gardu pandang puncak becici selain melihat pemandangan juga dapat melakukan foto selfie.
puncak becici
foto: wisatangehits

5. Foto Objek
Bagi seorang fotografer, objek wisata alam puncak becici merupakan tempat yang bagus untuk berburu objek foto. Di tempat ini banyak sekali spot-spot dan angle yang menarik untuk dijadikan karya mereka. 
Mulai dari memfoto model, landscape, hanya sekedar foto selfie atau foto kenangan. Dan untuk seorang sunset hunter akan sangat tertarik mengambil foto di area gardu pandangnya.
Disamping itu puncak becici juga sering digunakan untuk lokasi foto pre-wedding, yang nantinya foto tersebut akan dicetak pada undangan pernikahan mereka.

Tiket Masuk Puncak Becici

Sahabat wisata alam Jogja, biaya yang dikeluarkan untuk masuk di Puncak Becici sangatlah murah hanya Rp. 2.500,- /orang. 
Biaya Parkir:
  • Motor          Rp. 3.000,-
  • Mobil           Rp. 5.000,-
  • Bus             Rp. 10.000,-

Gardu Pandang Sebesar Rp. 2.000,-

Map Puncak Becici

Sebelum berkunjung ke Puncak Becici ada baiknya kalau mengetahui lokasi dan alamatnya.
Lokasi: 
Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul
Alamat lengkap:
Gunungcilik, RT. 07 RW. 02, Muntuk, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta.
Agar lebih mudah untuk  panduan anda yang menginginkan piknik di Puncak Becici, start pointnya dari malioboro saja. Mapnya bisa langsung klick melalui google map

Baca Juga:


logoblog

1 comment:

  1. Wah, kayaknya pemandangannya keren! Tapi kalau weekend pasti ramai banget ya.

    ReplyDelete

Ikuti Artikel Terbaru