Pantai Glagah Dengan Laguna Dan 6 Menarik Untuk Dilakukan

Tidak hanya di Kabupaten Gunung Kidul, Pantai­­ Glagah yang terletak di desa Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo juga merupakan salah satu wisata Pantai jogja di belahan barat.

Yang menjadikan cirikhas Pantai Glagah sebagai wisata pantai Jogja adalah adanya tetrapod yang berfungsi untuk meredam ganasnya ombak laut selatan.
Pasir pantainya yang berwarna hitam, serupa dengan pantai pantai yang ada di Bantul, seperti halnya Pantai Depok dan Pantai Parangtritis.
Biasanya pantai berpasir hitam ini akan sangat bagus bila dikunjungi ketika sunset. Peristiwa tenggelamnya matahari dapat terefleksikan diatas pasir yang basah karena sapuan ombak.
Seperti foto dibawah ini!
pantai glagah bukan

Akan tetapi sudut pandang Sunset di Pantai Glagah sedikit berbeda, karena akan lebih asik jika menikmati sunset di atas pemecah gelombang. Matahari yang terlihat berwarna Jingga tenggelam di batas Horisontal garis air laut. 
Selain pemandangan sunset yang indah, di Pantai Glagah masih ada beberapa hal lainnya yang tidak kalah menarik.


Baca: Pantai Pok Tunggal Mengharuskan 2 Hal Berikut Ini!


Apa saja hal menarik tersebut? Mari kita simak ulasan di bawah ini!

1. Laguna Pantai Glagah

Sebelumnya perlu kita ketahui apa yang dimaksud dengan Laguna, yaitu tempat berkumpulnya air asin yang terpisah dari bagian lautan karena terhalangi sesuatu.
Penghalang tersebut bisa berupa pasir, batu karang atau bisa juga lainnya.  
Menurut blog Traveloka, bahwa Laguna Pantai Glagah dimanfaatkan untuk wisata air.
pantai glagah

Hal paling menarik yang dapat dilakukan di Laguna tersebut adalah berkeliling naik perahu. Anda juga bisa sewa perahu bebek yang dikayuh atau perahu kano, hingga sampan kecil untuk mengelilingi laguna.
pantai glagah

2. Sewa ATV dan Sepeda

Sebenarnya hampir seluruhnya Pantai di Bantul yang berpasir hitam menyediakan Persewaan ATV, namun tidak ada persewaan sepeda.
Sedangkan di Pantai Glagah, tidak Cuma ATV saja yang disewakan. Tetapi berdasarkan informasi dari website pantainesia, ternyata pantai glagah juga menyediakan sewa sepeda sebagai fasilitas untuk pengunjung.
Sepertinya syahdu ya bersepeda di bawah pohon cemara udang, dan dihempas semilir angin sejuk nan spoi spoi sambil menikmati indah pemandangan laguna.

Baca: Pantai Indrayanti Populer Dikarenakan 6 Faktor Ini


3. Menikmati Sunset di Tetrapod

Setelah puas bermain main di Laguna Pantai Glagah, alangkah baiknya jika jalan jalan lah di atas tetrapod (pemecah gelombang) hingga waktu sunset.
foto: ambil dari sumber com

Pemandangan sunset dari Tetrapod Pantai Glagah sangatlah indah. Jangan lupa bawa kamera buat mengabadikan moment tersebut.
pantai glagah
foto: punya befren com

4. Memancing Ikan di Pantai Glagah

Nah yang satu ini dikhususkan bagi para penghobi, sebab tidak jarang orang datang ke Pantai Glagah dengan membawa alat pancingan dan kegiatan memancing ikan dapat anda lakukan di Laguna.
Namun, bagi angler atau yang sudah gila strike, memancing di laguna tidaklah cukup. Mereka lebih memilih memancing dari pemecah gelombang.
pantai glagah
foto: dari kailbayu com

Alasan yang mendasar bagi para angler adalah sensasi strike lebih mantap. Apalagi kalau mendapat sambaran dari Giant Travelly, orang Jogja biasa menyebut ikan jenis ini dengan nama Caru atau Gatho.

5. Mengunjungi Agrowisata Kusuma Wanadri

Ternyata di Pantai Glagah terdapat sebuah agrowisata, yaitu perkebunan buah naga. Selain berbelanja buah naga, kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah berkeliling di kebun buah tersebut sambil belajar secara teori tentang proses penanaman, perawatan dan macam macam khasiat dari buah naga.
pantai glagah

6. Makan Seafood

Sepertinya tidak lengkap kalau tamasya ke Pantai tanpa melahap seafood dan minum kelapa muda.
Maka yang menjadi menu utama tiada lain adalah ikan bakar dengan sambal terasi atau sambal kecap. Kepiting Saos tiram, Udang asam manis atau Cumi krispi.
Warung makan “Yu Gun” adalah Salah satu fasilitas warung makan yang ada di Patai Glagah. Dibawah ini spanduk menu dari warung tersebut.
pantai glagah
foto: dari momo di jogjamediapromo

Nah, 6 kegiatan asyik tersebut dapat anda lakukan ketika piknik ke Pantai Glagah bersama dengan keluarga tercinta.
Selanjutnya yang wajib Anda ketahui untuk menuju ke objek wisata pantai Jogja tersebut adalah akomodasi.
Karena jarak tempuhnya sangat jauh bisa memakan waktu kurang lebih 2 jam, ada baiknya untuk ambil paketwisata Jogja saja.
Biasanya destinasi tersebut digabung dengan objek wisata lainnya yang ada di Kulon Progo.
Berangkatlah pagi hari ke wisata alam Kalibiru terlebih dahulu, setelah puas selfie di atas pohon baru lanjut ke Pantai Glagah.
Atau kalau Anda bawa kendaraan pribadi yang harus diketahui adalah Rute ke Pantai Glagah

Rute Pantai Glagah

Sebenarnya rute menuju ke Pantai Glagah sangat mudah tinggal lurus saja ke barat.
Karena ini merupakan wisata pantai jogja, maka rute ini menggunakan patokan dari pusat kota Jogja yaitu Titik 0 Km.
Dari Titik 0Km langsung saja arah barat lurus melalui Jl. Wates – Jl. Glagah, lalu ikuti saja petunjuk arah.

Tiket Masuk Pantai Glagah

Tiket masuk Pantai glagah sangatlah murah, hanya sekitar Rp. 5.000,-

Yang Harus Diperhatikan Di Pantai Glagah

a) Utamakan Selamat

Ingat! Pantai Glagah termasuk salah satu pantai selatan Jawa, dan laut selatan sangat terkenal dengan karakter ombak sangat liar.
Sudah banyak korban terseret ombak, karena kurang berhati hati dan memperhatikan ombak.
Kebanyakan orang melihat ombak yang datang, sebenarnya ini kurang tepat, karena yang perlu ditakutkan secara serius adalah daya hisap ombak yang kembali ke lautan.  
Anda dapat mempelajari hal tersebut melalui link Youtube ini!
Yang Kedua lihatlah perkiraan tinggi gelombang dan angin, karena saya juga sering mancing di tepian karang pantai selatan, maka sering menggunakan stormsurf sebagai acuan, ketepatannya bisa mencapai 90%.

b) Sunset

Keindahan Matahari tenggelam sebenarnya tergantung dari cuaca, jika mendung tentu saja mengurangi keindahannya.

c) P3K

Bawalah selalu P3K, untuk mengantisipasi dan mencegah sekaligus mampu memberikan pertolongan. Kadang kondisi kita sedang kurang fit, atau terpeleset dan jatuh saat berjalan di atas tetrapod. Nah, plester, obat pusing atau minyak angin harus anda sediakan saat piknik di Pantai Glagah.


#tiketmasukpantaiglagah, #lagunapantaiglagah, #rutepantaiglagah

No comments:

Post a Comment